Terbaru Ismail Haniyeh, Ini Daftar Sosok Senior Hamas yang Tewas Dibunuh Israel

Kamis, 01 Agustus 2024 - 18:05 WIB
loading...
A A A
Sejak itu, Jaabari selalu menjadi target pembunuhan Israel. Setelah beberapa kali lolos, dia terbunuh pada sebuah serangan pesawat tak berawak Israel pada November 2012.

6. Tito Masoud

Masoud punya peran dalam produksi senjata Hamas. Dia memiliki spesialisasi berkaitan dengan bahan peledak dan pengembangan roket.

Tak jauh berbeda, Masoud pun masuk daftar target pembunuhan tentara Israel. Dia tewas pada Juni 2003 dalam sebuah serangan helikopter Apache di Gaza.


7. Nizar Rayyan

Nizar Rayyan berperan sebagai penghubung antara kepemimpinan politik Palestina dengan organisasi sayap militernya. Dia terbunuh dalam sebuah serangan rudal Israel pada Januari 2009.

8. Adnan Al-Ghoul

Al-Ghoul dituduh telah terlibat dalam serangkaian serangan Hamas. Hal ini membaut komandan senior Hamas tersebut masuk daftar orang paling dicari Israel.

Pada Oktober 2004, Al-Ghoul tewas ketika berada di dalam mobil bersama sejumlah rekannya. Serangan tersebut berasal dari tentara Israel.

9. Issa Batran

Kemudian, ada Issa Batran. Perancang roket senior Hamas ini juga dikenal sebagai salah satu petinggi sayap militer Brigade Al-Qassam.

Batran sendiri terbunuh dalam sebuah serangan Israel pada Juli 2010. Insiden tersebut memasukkannya dalam daftar tokoh Hamas yang dibunuh Israel.

10. Marwan Issa

Marwan Issa merupakan wakil Mohammad Deif di Brigade al-Qassam. Pada sepak terjangnya, dia sudah banyak terlibat pada aksi-aksi yang dilakukan Hamas, termasuk perencanaan serangan 7 Oktober.

Namun, Issa tewas pada 10 Maret 2024 dalam sebuah serangan udara. Dia terbunuh ketika Israel melakukan operasi Pedang Besi.

11. Saleh al-Arouri

Berikutnya ada Saleh al-Arouri. Dia dikenal sebagai penggerak utama keuangan Hamas.

Selain itu, banyak pihak yang menyebut sosoknya menjadi orang nomor dua di Hamas setelah Ismail Haniyeh. Namun, Arouri terbunuh di Lebanon dalam sebuah serangan udara Israel pada 2 Januari 2024.

Itulah sejumlah sosok senior Hamas yang tewas dibunuh Israel sebelum Ismail Haniyeh.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)