Ini 3 Opsi Iran Balas Dendam pada Israel atas Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Kamis, 01 Agustus 2024 - 09:17 WIB
loading...
Ini 3 Opsi Iran Balas...
Iran memiliki 3 opsi serangan terhadap Israel sebagai balas dendam atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran. Foto/EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dilaporkan telah memerintahkan Teheran untuk menyerang Israel secara langsung. Perintah ini sebagai tindakan balas dendam atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

Perintah Khamenei itu diungkap New York Times, mengutip tiga pejabat Iran yang diberi pengarahan tentang perintah tersebut, termasuk dua anggota Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran.

Khamenei memberi perintah pada pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran pada Rabu pagi, tak lama setelah Iran mengumumkan bahwa Haniyeh telah terbunuh.



Saat Teheran mempertimbangkan cakupan dan skala rencananya untuk membalas dendam dan menyelamatkan muka atas pembunuhan Haniyeh di tanah Iran, analis yang berbasis di Teheran Amir Hossein Vazirian mengatakan kepada Newsweek bahwa Iran memiliki "tiga opsi" untuk balas dendam pada Israel.

Tiga Opsi Balas Dendam Iran pada Israel

1. Opsi Pertama: Serangan Rudal


Opsi akan melibatkan apa yang disebut Vazirian sebagai "operasi langsung" yang sejalan dengan serangan rudal dan pesawat nirawak Iran berskala besar yang dikenal sebagai "Operasi Janji Sejati" yang dilakukan terhadap Israel pada bulan April.

Serangan itu diperintahkan sebagai respons atas terbunuhnya pejabat militer Iran di gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah.

Israel dilaporkan menanggapi dengan serangan diam-diam terhadap pangkalan udara di Isfahan, sebelah selatan fasilitas nuklir Natanz Iran, meskipun tidak ada pihak yang secara resmi mengakui keterlibatan Israel.

2. Opsi Kedua: Andalkan Proksi Iran


Opsi kedua yang diidentifikasi oleh Vazirian merupakan apa yang disebutnya sebagai "operasi tidak langsung" oleh Iran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)