Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

Rabu, 31 Juli 2024 - 21:10 WIB
loading...
Mengapa Pembunuhan Ismail...
Pembunuhan Ismail Haniyeh jadi tamparan keras bagi Iran. Foto/EPA
A A A
TEHERAN - Pemimpin utama Hamas Ismail Haniyeh dan pengawalnya tewas dalam serangan yang oleh kelompok Palestina tersebut dituduhkan kepada Israel. Meskipun Haniyeh sudah seperti mayat hidup sejak pembantaian Hamas di Israel pada 7 Oktober tahun lalu, pembunuhannya di Teheran merupakan peristiwa yang signifikan.

Ini bukan hanya pukulan telak bagi Hamas, tetapi juga kehilangan muka yang besar bagi Iran, musuh bebuyutan negara Yahudi tersebut.

Ismail Haniyeh sebenarnya tinggal di ibu kota Qatar, Doha. Negara Arab tersebut mendanai Hamas dan memberikan perlindungan bagi para pemimpin politik Hamas. Qatar menggunakan hubungan ini dan kekayaan minyaknya untuk menarik pengaruh yang tidak proporsional dalam geopolitik global.

Namun, Haniyeh terbunuh saat ia mengunjungi Teheran untuk pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian. Ia juga diyakini telah bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada hari Selasa.

Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

1. Israel Ingin Memperlakukan Iran

Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

Foto/EPA

Iran dan Israel adalah musuh bebuyutan. Israel telah mencoba mencegah negara Islam Syiah itu memperoleh senjata nuklir dengan mengganggu program nuklirnya, sementara Iran mendanai kelompok-kelompok seperti Hamas dan Hizbullah untuk menguras darah bangsa Yahudi itu.

"Serangan di Iran untuk membunuh pemimpin politik Hamas merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, itu akan menjadi kejutan besar bukan hanya bagi Hamas tetapi juga bagi sponsor utamanya, Iran," kata editor senior Bloomberg Bobby Ghosh kepada CNN.

"Merupakan rasa malu yang luar biasa bagi Iran karena Haniyeh terbunuh di tanah Iran," tambah Bobby Ghosh. Ia menyebutnya sebagai "hilangnya gengsi" bagi Iran.

"Merupakan hal yang sangat memalukan bagi Iran untuk mengalami hal ini di tanah Iran. Meninggalnya tamu negara oleh musuh bebuyutan di tanah air merupakan pukulan besar bagi prestisenya," kata Ghosh.

"Israel memiliki kapasitas untuk menyerang di dalam wilayah Iran. Namun, biasanya Israel menyerang target yang lebih kecil. Ini adalah salah satu orang paling senior yang pernah diserang di dalam wilayah Iran dengan cara ini. Ini merupakan pukulan telak bagi Hamas," kata Ghosh.

Apa pun serangan balik Iran, Israel telah membuat pernyataan spektakuler dengan membunuh Ismail Haniyeh, seorang tamu yang sedang menghadiri acara resmi di Teheran.

Bahwa Iran telah menerima pesan tersebut jelas terlihat dari pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi yang diadakan di kediaman Khamenei. Pertemuan semacam itu hanya terjadi dalam keadaan luar biasa, media AS melaporkan, mengutip dua pejabat Iran.

2. Ismail Haniyeh Jadi Target Utama Israel sejak 7 Oktober 2023

Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

Foto/EPA

Haniyeh, yang sempat menjabat sebagai Perdana Menteri Otoritas Palestina pada tahun 2006, adalah salah satu pemimpin politik utama Hamas. Bersama dengan para pemimpin militer lainnya seperti Yahya Sinwar, Israel menyalahkan Haniyeh atas serangan 7 Oktober di mana teroris Hamas membantai lebih dari 1.000 warga Israel dan menyandera puluhan lainnya.

Meskipun Israel tidak mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan Ismail Haniyeh, sebagian besar pihak menuding Israel sebagai dalangnya.

Sebuah pernyataan dari Garda Revolusi Islam menyalahkan Israel atas serangan tersebut, dengan mengatakan Haniyeh tewas dalam "serangan berbahaya Zionis di kediamannya di Teheran".

Israel telah menyatakan semua pemimpin politik dan militer Hamas menjadi target sejak serangan 7 Oktober.

Israel telah memburu Ismail Haniyeh dan anggota keluarganya, yang dituduhnya sebagai bagian dari persaudaraan Hamas.

Israel menargetkan kediaman Haniyeh di Kota Gaza hanya sebulan setelah serangan 7 Oktober. Pada bulan April, ketiga putra Haniyeh juga tewas dalam serangan udara Israel. Pada bulan Juni, serangan udara lainnya menewaskan 10 anggota keluarga Haniyeh di kamp pengungsi Shati di Gaza utara.


3. Israel Mampu Bergerak Leluasa di Iran

Mengapa Pembunuhan Ismail Haniyeh Jadi Tamparan Keras bagi Iran?

Foto/EPA

Pembunuhan Ismail Haniyeh menunjukkan bahwa Israel memiliki kemampuan untuk menyerang di mana dan kapan pun yang diinginkannya.

Israel tidak bereaksi spontan ketika melihat serangan skala besar dari Iran melalui 300 pesawat nirawak dan rudal pada 13 April 2024. Serangan itu adalah serangan langsung pertama dari wilayah Iran terhadap Israel.

Serangan itu terjadi setelah dua komandan militer Iran dan seorang jenderal lainnya tewas dalam dugaan serangan Israel di Damaskus pada 1 April.

Pada 19 April, Israel menyerang sistem pertahanan rudal S-300 di dekat Esfahan di Iran. Serangan ini menunjukkan kemampuan Israel untuk menargetkan jauh di dalam Iran, menghindari deteksi dan pertahanan udara, membuat fasilitas nuklir dan militer Iran lebih rentan terhadap serangan.

Pembunuhan Ismail Haniyeh akan dilihat sebagai kehilangan muka bagi Iran karena gagal melindungi aset. Hamas didanai oleh Iran dan Teheran dalam kasus ini gagal melindungi seorang pemimpin yang berkunjung pada sebuah upacara resmi.

Para ahli melihat Iran akan segera melakukan serangan balasan terhadap serangan di Teheran.

"Iran dapat meluncurkan serangan rudal terhadap Israel dan mencoba membebani sistem pertahanan udaranya seperti yang kita lihat beberapa bulan lalu. Iran juga dapat melancarkan serangan teroris terhadap instalasi Israel, tidak hanya di Timur Tengah tetapi di mana pun di dunia," kata Kolonel Angkatan Udara AS yang sudah pensiun, Cedric Leighton, kepada CNN.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)