Peramal AS Ini Tepat Ramalannya Hampir Setiap Pilpres sejak 1984, Bagaimana Trump vs Harris?

Selasa, 30 Juli 2024 - 12:31 WIB
loading...
Peramal AS Ini Tepat...
Peramal AS Allan Lichtman selalu tepat ramalannya pada hampir setiap pilpres sejak 1984. Dia akan meramal potensi pertarungan Donald Trump vs Kamala Harris jika sudah resmi diusung partai. Foto/The Washington Post
A A A
WASHINGTON - Allan Lichtman, seorang peramal pemilu telah meramalkan dengan tepat hampir setiap pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) sejak 1984.

Dia mengembangkan rumus yang digunakan untuk membuat prediksi tentang pilpres yang akan datang, dan dalam banyak kasus, terbukti benar.

Lalu bagaimana ramalannya tentang potensi pertarungan Donald Trump melawan Kamala Harris pada November mendatang?

Rumus “Kunci Gedung Putih” yang dibuat Lichtman terdiri dari 13 pertanyaan benar atau salah yang menurutnya memberikan indikasi kuat tentang siapa yang akan dinobatkan sebagai pemenang pada pemungutan suara.



Setiap pertanyaan diajukan tentang dua calon yang bersaing; jika “benar” mereka diberi “kunci", dan jika “salah", pesaing mereka menerima poin.

Kemudian, jika kandidat dari satu partai menerima enam kunci atau lebih, mereka diprediksi sebagai pemenang.

Pada awal siklus, Partai Demokrat diberi satu “kunci” otomatis untuk masa jabatan Presiden Joe Biden—tetapi pemungutan suara sejak itu telah mengalami perubahan dramatis.

"Kunci-kunci" tersebut adalah: mandat partai, kontes, petahana, pihak ketiga, ekonomi jangka pendek, ekonomi jangka panjang,
perubahan kebijakan, kerusuhan sosial, skandal, kegagalan asing/militer, keberhasilan asing/militer, karisma petahana, karisma penantang.

Partai Demokrat, dengan Harris sebagai calon yang mungkin, saat ini memegang enam dari 13 kunci, menurut prediksi Lichtman.

Itu termasuk kontes utama, ekonomi jangka pendek, ekonomi jangka panjang, perubahan kebijakan, tidak ada skandal, dan tidak ada karisma penantang.

Partai Republik, katanya, memegang tiga kunci: memenangkan mayoritas DPR dalam pemilihan sela 2022, petahana saat ini tidak mencalonkan diri lagi, dan petahana saat ini kurang karisma.

Masih ada empat kunci lagi yang belum dibagikan.

Kunci yang tersisa mencakup faktor pihak ketiga, yang menurut Lichtman penting mengingat posisi kandidat independen Robert F. Kennedy Jr dalam pemilihan.

Kunci juga masih beredar karena "tidak ada kerusuhan sosial", serta "kegagalan militer asing", dan "keberhasilan militer asing".

Jika Partai Demokrat kehilangan tiga kunci lagi, maka mereka akan menjadi "pecundang" yang diproyeksikan, menurut rumus peramal pemilu Amerika tersebut.

Prediksi akhir belum dibuat untuk pilpres 2024, tetapi Lichtman mengatakan kepada News Nation: "Banyak hal yang salah akan terjadi jika Harris kalah."

Lichtman dengan tepat meramalkan Trump akan menang pada pilpres tahun 2016, dan Biden pada pilpres tahun 2020.

Peramal yang juga sejarawan tersebut akan membuat prediksi terakhirnya untuk siklus ini setelah Partai Demokrat memilih calon presiden yang diusung dalam Konvensi Nasional Demokrat (DNC) pada bulan Agustus.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)