Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Senin, 29 Juli 2024 - 13:10 WIB
loading...
A A A
Omar Baddar, seorang analis politik Timur Tengah, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa ia yakin ini "hampir pasti sebuah kecelakaan", terlepas dari siapa yang bertanggung jawab atasnya.

"Tidak ada pihak di seluruh wilayah yang memiliki kepentingan politik atau kepentingan militer dalam menargetkan pertandingan sepak bola anak-anak di kota Druze di Golden Heights yang diduduki. Dan perlu dicatat juga bahwa ada keinginan dari pihak Hizbullah dan Israel untuk menghindari perang skala penuh," katanya kepada Al Jazeera dari Washington, DC.

"Kami memerlukan penyelidikan independen untuk benar-benar mengetahui apa yang terjadi dalam kasus ini. Namun penyangkalan Hizbullah itu sendiri setidaknya merupakan indikasi, bahkan jika itu ternyata roket Hizbullah, itu tentu saja bukan penargetan yang disengaja terhadap pertandingan sepak bola itu,” tambahnya.

Namun, analis dan pejabat telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa setiap kesalahan perhitungan dapat memicu konflik habis-habisan.

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS “akan terus mendukung upaya untuk mengakhiri serangan mengerikan ini di sepanjang Garis Biru, yang harus menjadi prioritas utama”.

PBB dan Uni Eropa menyerukan pengekangan, dengan kepala kebijakan luar negeri blok beranggotakan 27 negara itu, Josep Borrell, menyerukan “investigasi internasional yang independen”. Pemerintah Lebanon, yang biasanya tidak mengomentari serangan terhadap Israel – atau Golan yang diduduki – mengatakan pihaknya mengutuk serangan terhadap warga sipil dalam sebuah pernyataan yang menunjukkan keseriusan situasi tersebut.

Berbicara pada konferensi pers di Tokyo, Blinken mengatakan AS tidak ingin melihat konflik meningkat setelah insiden Majdal Shams. Hal ini terjadi di tengah laporan pembicaraan gencatan senjata Gaza yang diharapkan akan diadakan di Italia.

“Kami bertekad untuk mengakhiri konflik Gaza. Konflik ini sudah berlangsung terlalu lama. Konflik ini telah menelan banyak korban jiwa. Kami ingin melihat warga Israel, Palestina, dan Lebanon hidup bebas dari ancaman konflik dan kekerasan,” kata Blinken pada hari Minggu.


3.Iran Diduga Terlibat

Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Foto/EPA

Teheran memperingatkan Israel terhadap "petualangan baru" apa pun sambil menyebut insiden Majdal Shams sebagai "skenario yang dibuat-buat" yang dirancang untuk mengalihkan perhatian dari lebih dari 39.000 warga Palestina yang tewas di Jalur Gaza.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0698 seconds (0.1#10.140)