Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Senin, 29 Juli 2024 - 13:10 WIB
loading...
Akankah Serangan ke...
Serangan ke dataran Tinggi Golan diprediksi akan memicu perang besar. Foto/EPA
A A A
GAZA - Kekhawatiran tentang perang regional habis-habisan kembali meningkat setelah sebuah rudal jatuh di lapangan sepak bola di komunitas Druze di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel , menewaskan 12 anak-anak dan kaum muda serta melukai 30 lainnya.

Hizbullah dengan tegas membantah bertanggung jawab, tetapi Israel menyalahkan kelompok Lebanon atas serangan mematikan itu.

Pada hari Minggu, Israel mengatakan telah menargetkan beberapa lokasi Hizbullah di seluruh Lebanon, karena dikatakan kelompok bersenjata itu telah melewati "garis merah" dan akan "membayar harga yang mahal" yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak dimulainya pertempuran perbatasan yang mematikan pada tanggal 8 Oktober.

Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

1. Saling Menyalahkan tentang Siapa yang Bertanggungjawab

Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Foto/EPA

Melansir Al Jazeera, militer Israel mengklaim telah menemukan bukti di tempat kejadian yang menunjukkan roket Falaq-1 buatan Iran jatuh di lapangan sepak bola. Dikatakan seorang komandan Hizbullah mengarahkan serangan dari lokasi peluncuran di Shebaa di Lebanon selatan.

Hizbullah dengan cepat mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka "dengan tegas menyangkal" berada di balik serangan itu.

Kelompok tersebut secara sistematis mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap posisi Israel setiap hari, dan melaporkan telah melancarkan 12 serangan pada hari Sabtu. Kelompok tersebut juga telah mengklaim ratusan serangan menggunakan roket Falaq dan Katyusha sejak dimulainya perang, beberapa di antaranya menargetkan markas militer di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Situs web berita Axios yang berbasis di AS mengutip seorang pejabat Amerika Serikat yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa pejabat Hizbullah telah memberi tahu Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa yang menghantam lapangan sepak bola adalah proyektil pencegat antiroket Israel.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan ada "setiap indikasi" bahwa Hizbullah berada di balik serangan roket tersebut.

2. Bisa Dianggap Sebagai Suatu Kecelakaan

Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Foto/EPA

Militer Israel melancarkan serangkaian serangan udara di Lebanon dalam semalam, tetapi itu adalah serangan rutin yang telah menjadi fenomena harian selama berbulan-bulan.

Keputusan tentang cara menanggapi insiden Majdal Shams akan diambil pada hari Minggu nanti, saat kabinet keamanan Israel bersidang. Hukum Israel mengamanatkan bahwa setiap keputusan tentang tindakan militer yang dapat menyebabkan perang harus diadopsi secara multilateral dalam kabinet.

Omar Baddar, seorang analis politik Timur Tengah, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa ia yakin ini "hampir pasti sebuah kecelakaan", terlepas dari siapa yang bertanggung jawab atasnya.

"Tidak ada pihak di seluruh wilayah yang memiliki kepentingan politik atau kepentingan militer dalam menargetkan pertandingan sepak bola anak-anak di kota Druze di Golden Heights yang diduduki. Dan perlu dicatat juga bahwa ada keinginan dari pihak Hizbullah dan Israel untuk menghindari perang skala penuh," katanya kepada Al Jazeera dari Washington, DC.

"Kami memerlukan penyelidikan independen untuk benar-benar mengetahui apa yang terjadi dalam kasus ini. Namun penyangkalan Hizbullah itu sendiri setidaknya merupakan indikasi, bahkan jika itu ternyata roket Hizbullah, itu tentu saja bukan penargetan yang disengaja terhadap pertandingan sepak bola itu,” tambahnya.

Namun, analis dan pejabat telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa setiap kesalahan perhitungan dapat memicu konflik habis-habisan.

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS “akan terus mendukung upaya untuk mengakhiri serangan mengerikan ini di sepanjang Garis Biru, yang harus menjadi prioritas utama”.

PBB dan Uni Eropa menyerukan pengekangan, dengan kepala kebijakan luar negeri blok beranggotakan 27 negara itu, Josep Borrell, menyerukan “investigasi internasional yang independen”. Pemerintah Lebanon, yang biasanya tidak mengomentari serangan terhadap Israel – atau Golan yang diduduki – mengatakan pihaknya mengutuk serangan terhadap warga sipil dalam sebuah pernyataan yang menunjukkan keseriusan situasi tersebut.

Berbicara pada konferensi pers di Tokyo, Blinken mengatakan AS tidak ingin melihat konflik meningkat setelah insiden Majdal Shams. Hal ini terjadi di tengah laporan pembicaraan gencatan senjata Gaza yang diharapkan akan diadakan di Italia.

“Kami bertekad untuk mengakhiri konflik Gaza. Konflik ini sudah berlangsung terlalu lama. Konflik ini telah menelan banyak korban jiwa. Kami ingin melihat warga Israel, Palestina, dan Lebanon hidup bebas dari ancaman konflik dan kekerasan,” kata Blinken pada hari Minggu.


3.Iran Diduga Terlibat

Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Foto/EPA

Teheran memperingatkan Israel terhadap "petualangan baru" apa pun sambil menyebut insiden Majdal Shams sebagai "skenario yang dibuat-buat" yang dirancang untuk mengalihkan perhatian dari lebih dari 39.000 warga Palestina yang tewas di Jalur Gaza.

Juru bicara kementerian luar negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa tanggapan militer Israel akan semakin mengacaukan kawasan tersebut dan mengobarkan api perang.

"Jika itu terjadi, rezim Zionis akan menjadi entitas definitif dan utama yang bertanggung jawab atas akibat dan reaksi yang tidak terduga terhadap perilaku bodoh seperti itu," katanya.

Mojtaba Amani, utusan Iran untuk Lebanon, menulis dalam sebuah posting di X bahwa Teheran "tidak mengharapkan" perang habis-habisan setelah insiden Majdal Shams, terutama karena "persamaan yang dipaksakan" pada Israel oleh Iran dan sekutunya.

Randa Slim, seorang peneliti senior di Middle East Institute di Washington, DC, mengatakan Israel dan Hizbullah tidak tertarik pada perang habis-habisan karena perpindahan massal penduduk mereka di sepanjang garis konflik dan karena pertempuran telah berlangsung lama.

"Di pihak Israel, Anda memiliki pasukan yang mulai lelah setelah 10 bulan perang. Namun, penduduk Israel berbeda. Faktanya, Anda memiliki sebagian besar penduduk Israel yang mendesak pemerintah Israel untuk mengurus Hizbullah dan mendapatkan kembali kendali atas perbatasan utara mereka," katanya kepada Al Jazeera.

“Saya tidak yakin Perdana Menteri Israel saat ini tertarik pada perang habis-habisan, sebagian karena ada konsekuensi yang tidak terkendali dan tidak terduga dari perang yang lebih besar di Lebanon, yang melibatkan Hizbullah. Karena pada akhirnya jika meningkat, Iran juga akan terlibat.”

4. Perundingan Gencatan Senjata Gaza Bisa Terancam

Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Foto/EPA

Direktur CIA Bill Burns, yang telah memimpin Washington dalam semua negosiasi yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata pada perang di Gaza, berada di Eropa untuk menghadiri pertemuan pada hari Minggu.

Ia bergabung dengan rekan-rekannya dari Qatar, Mesir, dan Israel di Roma, di tengah upaya lain untuk mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas yang juga akan mencakup pertukaran tahanan dan tawanan.

Masih belum jelas apakah eskalasi terbaru antara Israel dan Hizbullah dapat berdampak langsung pada negosiasi yang dimediasi, tetapi tidak ada terobosan yang tampak akan segera terjadi bahkan sebelum serangan itu.

Perang di Gaza tetap menjadi akar penyebab konflik yang meluas di seluruh wilayah, dan anggota "poros perlawanan" yang didukung Iran, termasuk Hizbullah, telah mengatakan bahwa mereka akan berhenti menyerang Israel jika Israel berhenti membunuh warga Palestina di daerah kantong itu dan mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan.

5. Druze Menjadi Pusat Perhatian Dunia

Akankah Serangan ke Dataran Tinggi Golan Memicu Perang Besar?

Foto/EPA

Melansir Al Jazeera, insiden Majdal Shams terjadi di komunitas Druze, minoritas etnoreligius berbahasa Arab yang sebagian besar anggotanya tinggal di Dataran Tinggi Golan yang diduduki, Suriah, dan Lebanon.

Pejabat Israel dengan cepat menyatakan para korban sebagai "warga negara Israel" meskipun banyak anggota komunitas tersebut tidak memiliki kewarganegaraan Israel dan secara teknis adalah warga negara Suriah.

Majdal Shams adalah salah satu dari empat desa di wilayah yang diduduki, tempat lebih dari 20.000 anggota kelompok tersebut tinggal bersama ribuan warga negara Israel.

Israel menduduki Dataran Tinggi Golan selama Perang Enam Hari tahun 1967, kemudian mencaploknya pada tahun 1981 meskipun mendapat kecaman dari Dewan Keamanan PBB. Israel telah menolak semua upaya Suriah untuk merebut kembali wilayah tersebut. Dataran Tinggi Golan yang diduduki masih diakui sebagai bagian dari wilayah Suriah oleh masyarakat internasional.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)