Adik PM Singapura Justru Dukung Partai Oposisi dalam Pemilu

Senin, 29 Juli 2019 - 10:07 WIB
Adik PM Singapura Justru Dukung Partai Oposisi dalam Pemilu
Adik PM Singapura Justru Dukung Partai Oposisi dalam Pemilu
A A A
SINGAPURA - Adik terasing Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, 67, justru memberikan dukungannya untuk partai oposisi yang baru dibentuk menjelang pemilihan umum (pemilu). Dukungan ini semakin menunjukkan adanya perseteruan sengit di keluarga PM Lee.

Lee Hsien Yang, 62, dalam sebuah posting di Facebook pada Minggu malam, mengatakan People's Action Party (PAP) atau Partai Aksi Rakyat yang berkuasa—dipimpin oleh kakaknya; Lee Hsien Loong dan didirikan oleh ayahnya; Lee Kuan Yew—telah "kehilangan arah".

Komentarnya itu disampaikan di tengah perseteruan sengit dengan sang kakak mengenai apa yang harus dilakukan dengan rumah mendiang ayah mereka. Pemilu Singapura kemungkinan digelar dalam beberapa bulan ke depan dan sesuai aturan harus diadakan paling lambat awal 2021.

"Saya dengan sepenuh hati mendukung prinsip dan nilai-nilai Progress Singapore Party (PSP)," kata Hsien Yang dalam posting tersebut.

"PAP hari ini bukan lagi PAP dari ayah saya. Itu sudah hilang," lanjut dia, dikutip Reuters, Senin (29/7/2019).

PAP—yang telah memerintah Singapura sejak kemerdekaannya lebih dari setengah abad yang lalu dan tidak pernah melihat penurunan suara di bawah 60 persen—belum bersedia menanggapi permintaan komentar terkait manuver politik adik PM Lee.

PSP baru dibentuk dipimpin oleh Tan Cheng Bock, mantan anggota parlemen PAP yang terkenal karena nyaris mengalahkan kandidat yang didukung oleh PM Lee dalam pemilihan presiden 2011.

Belum jelas apakah Hsien Yang berencana memasuki politik atau tidak. Pada peluncuran PSP pada hari Jumat, Tan mengatakan Hsien Yang akan dipersilakan untuk bergabung dengan partainya tetapi dengan persyaratan tidak membawa agenda pribadi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4612 seconds (0.1#10.140)