PM Singapura Akan Serahkan Kepemimpinan PAP Kepada Lawrence Wong

Minggu, 05 November 2023 - 14:38 WIB
loading...
PM Singapura Akan Serahkan Kepemimpinan PAP Kepada Lawrence Wong
Perdana Menteri Singapura dan Sekretaris Jenderal Partai Aksi Rakyat Lee Hsien Loong berjabat tangan dengan Wakil Perdana Menteri dan Wakil Sekretaris Jenderal PAP Lawrence Wong pada 5 November 2023. Foto/CNA
A A A
SINGAPURA - Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong akan menyerahkan kepemimpinan kepada Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong sebelum Pemilihan Umum berikutnya, yang harus diadakan pada November 2025.

Menjelaskan lebih lanjut mengenai rencana transisi Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa, Lee – yang merupakan sekretaris jenderal partai tersebut – menambahkan bahwa “jika semuanya berjalan dengan baik”, ia akan melakukannya pada ulang tahun PAP yang ke-70 pada tanggal 21 November tahun depan.

Lee memberikan pidato kepada lebih dari 1.000 anggota partai pada acara penghargaan dan konvensi tahunan PAP yang diadakan di Singapore Expo, menyusul pidato dari Wong, Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat dan beberapa wajah baru PAP.

Wong didukung sebagai pemimpin tim generasi keempat, atau 4G, partai tersebut tahun lalu setelah Heng yang berusia 62 tahun mengundurkan diri sehingga pemimpin yang lebih muda dengan “landasan pacu yang lebih panjang” dapat mengambil alih.

Lee sebelumnya mengatakan dia berharap untuk mengundurkan diri sebelum ulang tahunnya yang ke-70, yaitu pada bulan Februari 2022. Namun, rencana tersebut terganggu oleh pandemi.

Pada Rapat Umum Hari Nasional tahun ini, ia mengatakan bahwa rencana suksesinya kembali berjalan sesuai dengan berakhirnya pandemi COVID-19, dan menambahkan bahwa kontroversi baru-baru ini yang melibatkan para menteri dan Anggota Parlemen tidak akan menunda jadwal pembaruan politik. Dia tidak memberikan batas waktu saat itu.

Pada hari Minggu, Lee menegaskan kembali kepada anggota PAP bahwa pemilu umum berikutnya akan bertepatan dengan transisi kepemimpinan partai ke tim 4G.

Ia mencatat bahwa dengan dukungan Wong sebagai pemimpin tim 4G, hanya ada satu keputusan besar yang harus diambil: Haruskah serah terima dilakukan sebelum atau sesudah pemilu berikutnya.

“Entah saya bisa terus memimpin partai di pemilu berikutnya, yang akan menjadi PM kelima saya, dan kemudian segera menyerahkannya kepada Lawrence; atau saya bisa menyerahkannya kepada Lawrence sebelum pemilu, lalu dia memimpin partai tersebut ke dalam kampanye, memenangkan mandatnya sendiri, dan membawa negara ini maju dengan dukungan penuh dari negara,” tambah Lee.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)