China Sebut AS Sejak Lama Menjadi Kekaisaran Kebohongan

Jum'at, 26 Juli 2024 - 19:45 WIB
loading...
China Sebut AS Sejak...
Kapal perusak berpeluru kendali China Nanning di pelabuhan angkatan laut di Zhanjiang, Provinsi Guangdong, China selatan, 15 Juli 2024. Foto/ EPA-EFE/XINHUA/LIU FANG
A A A
BEIJING - Juru bicara Kementerian Pertahanan (Kemhan) China Zhang Xiaogang menyatakan Amerika Serikat (AS) sejak lama menjadi “kekaisaran kebohongan” karena terus menyebarkan narasi palsu tentang Tiongkok dan negara-negara lain untuk mengamankan posisinya secara global.

Bulan lalu, Korps Marinir AS merilis versi yang tidak dirahasiakan dari doktrin resmi berjudul Penipuan, yang memberikan wawasan tentang taktik yang digunakannya untuk mendapatkan keuntungan atas musuh yang dipersepsikan dan mengurangi risiko dengan mengandalkan “distorsi realitas yang disengaja.”

Berbicara kepada wartawan pada Kamis (25/7/2024), Zhang mengatakan “perilaku menipu” Washington telah jauh melampaui batas-batas urusan militer dan “sebenarnya telah menembus jauh ke dalam tulang-tulangnya.”
“AS berani menciptakan kepalsuan untuk kepentingan egoisnya sendiri dan telah lama menjadi ‘kekaisaran kebohongan’ yang sesungguhnya,” tegas dia.

Juru bicara tersebut mengingat AS berupaya untuk secara aktif memanipulasi opini publik selama Perang Dingin dan kemudian terlibat dalam taktik dengan "serbuk pencuci" dan mengandalkan apa yang disebut White Helmets untuk "meluncurkan perang agresif" terhadap Irak dan Suriah.

Mengenai yang pertama, Zhang merujuk pada momen yang sekarang terkenal pada tahun 2003 ketika Menteri Luar Negeri AS Colin Powell menyajikan kepada Dewan Keamanan PBB dugaan bukti Irak memiliki senjata pemusnah massal, klaim yang kemudian ternyata salah.

White Helmets adalah organisasi sukarelawan yang berbasis di Suriah yang beroperasi di wilayah negara yang dikuasai oposisi.

Meskipun mengklaim hanya terlibat dalam kegiatan kemanusiaan, kelompok tersebut secara vokal menuduh pemerintah di Damaskus melakukan kejahatan perang.

Namun, White Helmets telah dituduh memiliki hubungan dengan kelompok teroris, tuduhan yang dibantah keras oleh organisasi tersebut.

Zhang juga menuduh AS meluncurkan kampanye informasi palsu untuk mendiskreditkan vaksin China di Filipina dan negara-negara lain.

Dia merujuk pada laporan Reuters awal bulan ini yang mengklaim Pentagon telah menjalankan kampanye media sosial secara rahasia untuk mendiskreditkan vaksin Covid China.

Zhang melanjutkan dengan menekankan, "Anda dapat menipu untuk sementara waktu, tetapi Anda tidak dapat menipu selamanya," sambil mendesak AS untuk "segera memperbaiki praktiknya yang salah, berhenti menyebarkan informasi palsu, berhenti menyesatkan dunia dengan kebohongan, dan berhenti memfitnah negara lain, serta memberikan penjelasan yang jelas kepada masyarakat internasional atas perilaku menipunya sesegera mungkin."

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)