AS Bentuk Koalisi Amankan Selat Hormutz

Selasa, 23 Juli 2019 - 18:38 WIB
AS Bentuk Koalisi Amankan Selat Hormutz
AS Bentuk Koalisi Amankan Selat Hormutz
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, pihaknya sedang membentuk sebuah koalisi untuk membantu mengamankan Selat Hormutz. Pompeo menyebut, banyak negara yang ingin terlibat dalam koalisi yang akan secara rutin melakukan patroli di wilayah itu.

"Kami berupaya mengubah perilaku kepemimpinan Republik Islam Iran. Dan kami sedang membangun koalisi yang akan berpatroli di Selat Hormuz untuk menjaga jalur pelayaran, jalur laut itu terbuka," kata Pompeo.

"Akan ada negara-negara dari seluruh dunia yang berpartisipasi di dalamnya. Ini adalah aktivitas pencegah," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Tass pada Selasa (23/7).

Dia mencatat bahwa AS tidak ingin perang dengan Iran. "Kami hanya ingin mereka berhenti terlibat dalam kegiatan teror di seluruh dunia. Mereka tidak dapat terus membangun program senjata nuklir mereka," tegasnya.

Rencana ini sendiri datang setelah Iran menahan sebuah kapal tanker Inggris. Stena Impero, nama kapal tanker itu, ditangkap karena melanggar peraturan internasional.

Seorang juru bicara Garda Revolusi Iran (IRGC), Birgadir Jenderal Ramezan Sharif mengatakan, Teheran telah menyita kapal di Selat Hormuz meskipun sebuah kapal perang Inggris yang mengawal Stena Impero berusaha mencegahnya.

Sementara itu dikutip dari Telegraph, Inggris mengakui kapal perang terdekatnya berjarak satu jam dari kapal Stena Impero dan tidak dapat berbuat apa-apa untuk membantu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5407 seconds (0.1#10.140)