alexametrics

Hong Kong Kembali Memanas, Polisi Tembakkan Peluru Karet

loading...
Hong Kong Kembali Memanas, Polisi Tembakkan Peluru Karet
Polisi Hong Kong menembakkan gas air mata ke arah demonstran. FOTO/Reuters
A+ A-
HONG KONG - Polisi Hong Kong menembakkan peluru karet dan gas air mata dalam bentrokan dengan para pendemo, Minggu (21/7) malam. Seperti dilaporkan Reuters, ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan dan berdemo di depan kantor perwakilan China di Hong Kong.

Beberapa pengunjuk rasa melempari telur ke dinding Kantor Penghubung Beijing. Sementara demonstran lainnya menyemprotkan graffiti ke tembok dengan tulisan "Kembalikan Hong Kong, Revolusi Waktu". Ratusan polisi anti huru hara yang berhadapan dengan para pengunjuk rasa lebih dari satu kilometer dari Kantor Penghubung, menembakkan gas air mata.

Penyiar lokal RTHK dan media lokal lainnya melaporkan, polisi juga menembakkan peluru karet untuk mengendalikan keadaan. Namun, Polisi Hong Kong tidak menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar mengenai hal ini.



Demonstran meminta untuk dilakukan penyelidikan independen terhadap keluhan kebrutalan polisi selama demonstrasi baru-baru ini. Selain itu juga dilayangkan sejumlah tuntutan lainnya. Dalam dua bulan terakhir, jutaan orang turun ke jalan-jalan utama di Hong Kong, memprotes Rancangan Undang-undang soal ekstradisi ke China daratan.

Aksi demo massal ini telah memicu gejolak sosial terburuk dan mengguncang bekas koloni Inggris sejak kembali ke pemerintahan China, 22 tahun yang lalu.

Pemerintah Hong Kong mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka sangat mengutuk "pengepungan berbahaya" para demonstran di gedung Kantor Penghubung. Sementara seorang juru bicara kantor itu menyatakan "kecaman berat" pada aksi "demonstran radikal".
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak