6 Alasan Direktur Secret Service Mengundurkan Diri, dari Kurangnya Kesiapsiagaan hingga Kepemimpinan yang Lemah

Rabu, 24 Juli 2024 - 13:22 WIB
loading...
6 Alasan Direktur Secret...
Direktur Secret Service Kimberly Cheatle mengundurkan diri. Foto/Today News
A A A
WASHINGTON - Kepala Secret Service Amerika Serikat Kimberly Cheatle mengundurkan diri karena upaya pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump. Itu terjadi setelah berhari-hari mendapat tekanan dan kritik yang meningkat karena gagal mencegah penembakan tersebut.

Kimberly Cheatle mengirim email kepada stafnya pada hari Selasa untuk mengumumkan rencananya untuk mundur, kantor berita The Associated Press melaporkan.

Dia berada di bawah tekanan dari anggota parlemen AS untuk mengundurkan diri ketika pertanyaan terus muncul seputar protokol keamanan pada rapat umum Trump pada 13 Juli di Pennsylvania, di mana mantan presiden dan calon presiden dari Partai Republik itu ditembak di telinganya.

“Saya bertanggung jawab penuh atas kelemahan keamanan ini,” kata Cheatle dalam email kepada stafnya. “Mengingat kejadian baru-baru ini, dengan berat hati saya telah membuat keputusan sulit untuk mundur sebagai direktur Anda.”

Presiden AS Joe Biden berterima kasih kepada direktur Kimberly Cheatle atas pengabdiannya selama puluhan tahun dan mengatakan dia berencana untuk segera menunjuk penggantinya.

“Peninjauan independen untuk mengetahui apa yang terjadi pada 13 Juli terus berlanjut, dan saya berharap dapat menilai kesimpulannya. Kita semua tahu apa yang terjadi hari itu tidak akan terulang lagi,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, dilansir Al Jazeera.

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Alejandro Mayorkas juga mengatakan pada hari yang sama bahwa ia telah menunjuk Ronald L Rowe, wakil direktur Dinas Rahasia, untuk menjabat sebagai penjabat direktur setelah pengunduran diri Cheatle.

6 Alasan Direktur Secret Service Mengundurkan Diri, dari Kurangnya Kesiapsiagaan hingga Kepemimpinan yang Lemah

1. Kurangnya Kesiapsiagaan

6 Alasan Direktur Secret Service Mengundurkan Diri, dari Kurangnya Kesiapsiagaan hingga Kepemimpinan yang Lemah

Foto/EPA

Melansir Times of India, para komentator dan anggota parlemen menyoroti kesenjangan yang signifikan dalam perencanaan dan koordinasi awal Dinas Rahasia.

Badan tersebut tidak memperluas batasan keamanannya hingga mencakup bangunan tempat Crooks menembak, melainkan menyerahkannya kepada penegak hukum setempat untuk mengamankan area tersebut.

2. Respons yang Tidak Memadai

Respons terhadap ancaman tersebut dikritik karena lamban dan dilaksanakan dengan buruk. Agen Dinas Rahasia mengizinkan Trump untuk naik ke panggung dan mulai berbicara bahkan setelah menerima laporan dari polisi setempat tentang orang yang mencurigakan, yang ternyata adalah Penjahat.


3. Disparitas Alokasi Sumber Daya

Laporan menunjukkan adanya perbedaan dalam alokasi sumber daya antara kampanye Trump dan acara yang diadakan oleh Ibu Negara Jill Biden pada hari yang sama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)