Profil Sheikh Hasina, PM Bangladesh yang Diguncang Protes Besar-besaran

Rabu, 24 Juli 2024 - 13:15 WIB
loading...
Profil Sheikh Hasina,...
Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina. Foto/EPA-EFE/HARISH TYAGI
A A A
DHAKA - Perdana Menteri (PM) Bangladesh Sheikh Hasina kembali menghadapi demonstrasi besar-besaran. Awalnya, aksi unjuk rasa dipimpin mahasiswa untuk memprotes penurunan kuota pegawai negeri sipil (PNS).

Lebih dari sepekan sejak dimulainya protes, pemerintah justru menanggapi aksi itu dengan melancarkan kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini berpotensi menyulut aksi demonstrasi yang lebih besar lagi ke depannya.

Melihat ke belakang, ini bukan pertama kali PM Sheikh Hasina mendapat protes. Sebelumnya, sudah banyak aksi serupa yang dilakukan untuk menentang kebijakan-kebijakan kontroversi dari pemerintahannya.

Lantas, siapa sebenarnya sosok PM Bangladesh Sheikh Hasina ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Sheikh Hasina


Sheikh Hasina Wazed merupakan salah seorang politikus ternama asal Bangladesh. Ia diketahui sebagai putri pendiri negara yang memimpin kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan yaitu Sheikh Mujibur Rahman.

Mengutip Al Jazeera, Hasina lahir pada tahun 1947 di Bangladesh barat daya yang waktu itu masih bernama Pakistan Timur. Ia adalah anak tertua dari lima bersaudara.

Pada riwayat pendidikannya, Hasina meraih gelar sarjana sastra Bengali dari Universitas Dhaka pada 1973. Tak hanya mewarisi perjuangan politik sang ayah, ia juga mendapat pengalaman tentang bidang tersebut.

Saat berusia 27 tahun, Hasina selamat dari upaya pemberontakan perwira militer dalam kudeta karena kebetulan sedang berada di luar negeri. Namun, ia harus kehilangan sang ayahnya bersama ibu dan tiga saudara laki-lakinya.

Sempat menetap di pengasingan selama beberapa tahun, Hasina kembali ke Bangladesh pada 1981.

Setelah itu, ia membangun koalisi dengan musuh politiknya, ketua BNP dan mantan Perdana Menteri Khaleda Zia guna memimpin pemberontakan rakyat menggulingkan penguasa militer Hossain Mohammad Ershad.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)