Sumbangan Donald Trump untuk Kamala Harris Terungkap

Senin, 22 Juli 2024 - 21:45 WIB
loading...
Sumbangan Donald Trump...
Mantan Presiden AS Donald Trump. Foto/EPA-EFE/ALLISON DINNER
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump sebelumnya menyumbang untuk kampanye Kamala Harris, yang kini menjadi saingan potensialnya.

Menurut catatan Kementerian Luar Negeri Negara Bagian California, organisasi Trump menyumbangkan USD5.000 pada tahun 2011 ketika Harris mencalonkan diri kembali sebagai jaksa agung, dan tambahan USD1.000 pada tahun 2013.

Putrinya Trump, Ivanka menyumbangkan USD2.000 lagi kepada Harris pada tahun 2014.

Pengungkapan tersebut mulai beredar di media sosial pada hari Minggu, setelah pengunduran diri Presiden AS Joe Biden dari pemilu November dan dukungannya terhadap Kamala Harris sebagai penggantinya.

Wakil presiden AS itu mengklaim dia akan “mendapatkan dan memenangkan” nominasi Partai Demokrat untuk mencalonkan diri di Ruang Oval Gedung Putih.

Selama kampanyenya pada tahun 2016, Trump mengaku menyumbang kepada Partai Demokrat dan Partai Republik, termasuk lawannya saat itu, Hillary Clinton, dan mengklaim para politisi dapat dibeli dan dibayar.

“Para politisi ini, mereka sangat jahat,” ujar Trump saat itu. “Saya harus memberikannya kepada mereka karena ketika saya menginginkan sesuatu, saya mendapatkannya. Saat saya menelepon, mereka mencium pantat saya.”

“Kau tahu, ini menarik. Saya sedang melihat orang-orang yang saya lawan. Saya telah berkontribusi pada sebagian besarnya, percayakah Anda? Saya telah berkontribusi pada sebagian besarnya. Dan salah satu dari mereka berkata, 'Tidak, menurutku kamu tidak memberikan kontribusi kepadaku.' Saya berkontribusi kepada semua orang. Saya sudah memberikannya kepada Demokrat. Saya sudah memberikannya kepada Hillary. Saya telah memberi kepada semua orang karena itu adalah pekerjaan saya,” papar Trump.

Menurut OpenSecrets, kelompok riset utama negara yang melacak uang dalam politik AS, Trump memberikan sumbangan sebesar USD1.000 untuk kampanye Senator Joe Biden pada tahun 2001 dan beberapa kontribusi untuk kampanye Hillary Clinton antara tahun 2006 dan 2007, termasuk sumbangan sebesar USD100.000 kepada Clinton Foundation.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)