Perbedaan Secret Service, CIA dan FBI

Senin, 22 Juli 2024 - 16:55 WIB
loading...
A A A
Sejarah FBI mencakup lebih dari satu abad, mencakup evolusinya dari badan investigasi federal menjadi organisasi multifaset yang menangani berbagai bentuk kejahatan dan ancaman keamanan nasional.

Secret Service

Perbedaan Secret Service, CIA dan FBI

Foto/EPA

Secret Service Amerika Serikat didirikan pada tahun 1865 sebagai cabang dari Departemen Keuangan AS. Awalnya diciptakan untuk memerangi pemalsuan mata uang AS – sebuah masalah serius pada saat itu. Faktanya, setelah Perang Saudara, diperkirakan sepertiga hingga setengah mata uang yang beredar adalah palsu.

Pada tahun 1901, setelah pembunuhan Presiden William McKinley di Buffalo, New York, Secret Service pertama kali ditugaskan dengan misi keduanya untuk melindungi presiden.

Saat ini, misi Secret Service adalah melindungi presiden, wakil presiden, dan lainnya; dan menyelidiki kejahatan terhadap infrastruktur keuangan Amerika Serikat.

Pada tahun 1958, Undang-Undang Mantan Presiden disahkan, yang menjamin perlindungan seumur hidup bagi mantan presiden, pasangannya, dan anak-anak hingga usia 15 tahun, dengan perlindungan bagi pasangan yang berakhir setelah menikah kembali.

Meskipun prosedur standar mengakhiri perlindungan bagi anak-anak presiden yang sudah dewasa setelah orang tua mereka meninggalkan jabatannya, Bill Clinton dan George W. Bush masing-masing mengizinkan perluasan cakupan Secret Service untuk anak-anak mereka melalui arahan khusus, seperti dilansir CBS News.

Kandidat utama presiden dan wakil presiden serta pasangannya dalam waktu 120 hari setelah pemilihan umum presiden. Sebagaimana didefinisikan dalam undang-undang, istilah “kandidat utama presiden dan wakil presiden” berarti individu yang diidentifikasi oleh Menteri Keamanan Dalam Negeri setelah berkonsultasi dengan komite penasihat.

Menteri Keamanan Dalam Negeri menentukan siapa yang memenuhi syarat sebagai kandidat utama dan kapan perlindungan tersebut harus dimulai berdasarkan kewenangan Judul 18, Kode Amerika Serikat, Bagian 3056.

Mereka membawa senjata api, melaksanakan surat perintah yang dikeluarkan berdasarkan undang-undang, melakukan penangkapan tanpa surat perintah atas pelanggaran apa pun terhadap negara, atas kejahatan apa pun, menawarkan dan membayar imbalan atas layanan dan informasi yang mengarah pada penangkapan orang-orang yang terlibat dalam kejahatan, menyelidiki penipuan sehubungan dengan identifikasi dokumen, perdagangan palsu, instrumen fiktif dan surat berharga asing serta menjalankan fungsi lain yang diizinkan oleh hukum.

Ada sekitar 3.200 agen khusus, 1.300 petugas Divisi Berseragam, dan lebih dari 2.000 personel pendukung teknis, profesional dan administratif lainnya di Dinas Rahasia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)