alexametrics

Polisi Gibraltar Tangkap Kapten Kapal Tanker Minyak Iran

loading...
Polisi Gibraltar Tangkap Kapten Kapal Tanker Minyak Iran
Kapal tanker minyak Grace 1 milik Iran yang dirampas Marinir Kerajaan Inggris. Foto/REUTERS
A+ A-
WESTSIDE - Polisi di Gibraltar menangkap dan menahan kapten dan kepala petugas kapal supertanker minyak Iran, Grace 1. Kapal tersebut dirampas polisi setempat dan Marinir Kerajaan Inggris beberapa hari lalu.

Keduanya ditangkap pada Kamis sore dan diinterogasi. Namun, tak satu pun dari mereka yang dikenai dakwaan sejatuh ini.

Menurut Gibraltar Chronicle yang mengutip polisi, kepala petugas yang ditangkap memiliki perangkat elektronik dan dokumentasi dari kapal.



"Investigasi masih berlangsung dan Grace 1 terus ditahan," kata polisi Gibraltar dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, yang dilansir Reuters, Jumat (12/7/2019).

Kedua orang yang ditangkap berkebangsaan India. Mereka diduga melanggar sanksi Uni Eropa terhadap Suriah, karena kapal supertanker Grace 1 dilaporkan hendak membawa minyak ke Suriah.

Kapal Grace 1 berbendera Panama ketika dicegat dan dirampas Marinir Kerjaaan Inggris dan polisi Gibraltae di di dekat Selat Gibraltar. Perampasan kepala raksasa itu memicu pertikaian diplomatik antara London dan Teheran.

Amerika Serikat mengatakan bahwa kapal Grace 1 yang disita di Gibraltar sedang mengangkut minyak Iran. Teheran membantah bahwa kapal tanker minyaknya sedang menuju ke Suriah saat dicegat Marinir Inggris.

Iran juga menganggap tindakan Marinir Kerajaan Inggris dan polisi Gibraltar sebagai pembajakan dan menuntut pembebasan segera kapal tersebut.

Pada pertengahan Juni, AS mengumumkan rencananya untuk membangun "konsensus global" terhadap Iran dan kemudian mengatakan juga ingin menciptakan koalisi untuk memastikan bahwa Selat Hormuz dan Bab-el-Mandeb sebagai wilayah yang aman.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak