Federasi Muslim Rusia Kecam Imam yang Menganjurkan Pemukulan terhadap Istri

Kamis, 18 Juli 2024 - 19:30 WIB
loading...
Federasi Muslim Rusia...
Federasi Muslim Rusia kecam imam yang menganjurkan pemukulan terhadap istri. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Dewan Spiritual Muslim Rusia telah mengambil sikap menentang seorang ulama yang memicu kegemparan publik dengan komentarnya yang tampaknya mendorong kekerasan dalam rumah tangga.

Dalam podcast video yang diterbitkan oleh outlet berita Tatar Inform, ulama tersebut, Imam Timur Kamaev, berusaha menjelaskan sebuah ayat dalam Al-Quran tentang mendisiplinkan istri yang tidak patuh; Surat An-Nisa 34. Dia mengatakan bahwa proses tersebut harus dilakukan secara bertahap, dimana “wanita-wanita yang pemberontakannya kamu takuti” pertama-tama akan “ditegur” secara lisan, kemudian dilarang melakukan hubungan suami istri dan kemudian “dipukul.” Saat dimintai klarifikasi pada bagian terakhir, Kamaev mengatakan yang dimaksud adalah pukulan ringan yang tidak akan menyebabkan cedera.

“Contohnya ada yang namanya siwak, itu tongkat kecil [untuk gosok gigi]. Anda dapat memukul istri Anda dengan lembut beberapa kali – gerakkan tangan Anda dari siku, bukan dari bahu,” saran Kamaev. Dia menambahkan bahwa melalui ini, istri “harus memahami bahwa dia melakukan sesuatu yang salah.”

Kisah ini dengan cepat diangkat oleh beberapa media berita lainnya, dan menjadi viral di media sosial, dengan beberapa pengguna mengecam saran sang imam sebagai “seruan untuk melakukan kekerasan,” sementara yang lain meragukan bahwa ia menafsirkan teks agama dengan benar.

Tatar Inform kemudian menghapus podcast kontroversial tersebut, dan menuduh rekan-rekan yang mempublikasikannya mengambil kata-kata imam tersebut di luar konteks.

Dewan Spiritual Muslim Rusia pada hari Rabu menolak pembacaan ayat tersebut oleh Kamaev, dan menekankan bahwa kekerasan tidak dianjurkan dalam Islam.



“Kami pada dasarnya menentang kekerasan dalam rumah tangga dan menegaskan bahwa pesan [Nabi Islam] Muhammad, pada intinya, bersifat humanistik… Sayangnya, masih ada prasangka yang tersebar luas di dunia, dan terutama di kalangan umat Islam sendiri, bahwa Islam mengizinkan atau bahkan mendorong kekerasan semacam ini. tentang 'langkah-langkah pendidikan' terhadap istri seseorang,” Damir Mukhetdinov, wakil ketua dewan, mengatakan kepada outlet berita Gazeta.ru. Dia mencatat bahwa kesalahpahaman seperti itu biasa terjadi dalam penafsiran Al-Quran, seperti halnya dengan Surah At-Tawbah 5 yang terkenal, atau Ayat Pedang, “yang menjadi dasar agresi dan militansi dikaitkan dengan Islam.”

Mukhetdinov berpendapat bahwa dengan penafsirannya, Kamaev mungkin mencoba “menarik pandangan orang kebanyakan” dan “mengklarifikasi bahwa ayat tersebut tidak boleh dipahami secara harfiah.” Menurut Mukhetdinov, istilah “mengalahkan” dalam hal ini harus diartikan sebagai “memutus hubungan.”

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)