Jepang Mengaku Siap Tengahi Konflik Israel-Palestina

Kamis, 04 Juli 2019 - 17:24 WIB
Jepang Mengaku Siap Tengahi Konflik Israel-Palestina
Jepang Mengaku Siap Tengahi Konflik Israel-Palestina
A A A
TOKYO - Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono mengatakan, Tokyo siap untuk memainkan peranan dalam membantu menyelesaikan konflik antara Israel dan Palestina. Dia mengatakan, Jepang siap menjadi penengah konflik itu.

"Kita dapat memainkan peranan sebagai penengah yang jujur di Timur Tengah, karena kita tidak memiliki sejarah kolonial atau jejak negatif di kawasan ini," kata Kono, seperti dilansir Arab News pada Kamis (4/7).

Kono mengatakan, memastikan stabilitas di kawasan Timur Tengah adalah salah satu kepentingan negaranya. Alasannya, Jepang bergantung pada produk-produk dari kawasan Timur Tengah, khususnya minyak.

Oleh karena itu, papar Kono, Jepang sangat mengutuk serangan terhadap kapal-kapal tanker di kawasan Timur Tengah. Salah satu kapal tanker yang menjadi korban adalah kapal milik perusahaan Jepang.

“Energi kita tergantung pada impor, sebagian besar dari wilayah Teluk. Empat puluh persen dari minyak mentah yang kita impor berasal dari Arab Saudi, 80 persen dari minyak mentah dan 20 persen dari gas yang kita impor melewati Selat Hormuz. Jadi, stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah terhubung langsung dengan ekonomi kita," ungkapnya.

"Jepang mengutuk keras setiap serangan terhadap kapal yang melewati Selat Hormuz dan kami sangat mengutuk serangan Houthi dengan rudal dan drone pada orang-orang Arab Saudi dan fasilitas Saudi," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4616 seconds (0.1#10.140)