DF-26B, Rudal Canggih China Dibuat untuk Tenggelamkan Kapal Induk AS

Selasa, 16 Juli 2024 - 14:28 WIB
loading...
DF-26B, Rudal Canggih...
DF-26, rudal anti-kapal canggih China yang dibuat untuk menenggelamkan kapal induk AS dan sekutunya. Foto/National Interest
A A A
BEIJING - Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA-N) China telah mengembangkan rudal balistik anti-kapal canggih, seperti DF-21D dan DF-26B, yang mampu menenggelamkan kapal induk Amerika Serikat (AS) dan sekutunya.

Menurut laporan National Interest, Selasa (16/7/2024), DF-21D dengan jangkauan hingga 2.150 km, dan DF-26B dengan jangkauan 4.000 km, telah menimbulkan ancaman signifikan terhadap kapal Angkatan Laut yang beroperasi di Indo-Pasifik.

Peluncuran uji coba senjata tersebut baru-baru ini ke Laut China Selatan menggarisbawahi niat Beijing untuk menantang dominasi Angkatan Laut AS.

Dengan rudal-rudal tersebut, China berpotensi menetralisir kapal induk, sehingga mendorong penilaian ulang strategis terhadap operasi Angkatan Laut di zona pertahanan rudal.



PLA-N China kini menjadi kekuatan Angkatan Laut terbesar di dunia, namun banyak kapalnya tidak dapat beroperasi jauh dari perairan asal China. Saat ini mereka mempunyai dua kapal induk yang beroperasi, sedangkan kapal induk ketiga diluncurkan tahun lalu—masih tertinggal dari segi jumlah dibandingkan 11 kapal induk bertenaga nuklir milik Angkatan Laut AS.

Namun, meskipun Beijing memiliki rencana ambisius untuk membangun lebih banyak kapal induk, mereka akan berusaha untuk “menyetarakan” konflik dengan AS—dengan menenggelamkan kapal induk Amerika—, dan mereka telah mengembangkan senjata untuk melakukan hal tersebut.

Rudal Pembunuh Kapal Induk Pertama di Dunia


Tiga dekade lalu, China memperkenalkan DF-21D (Dong Feng-21, CSS-5), sebuah rudal balistik jarak menengah yang road-mobile. Rudal ini digambarkan sebagai rudal balistik anti-kapal (ASBM) atau “pembunuh kapal induk” pertama di dunia.

Dirancang untuk menggantikan Dong Feng-2 (CSS-1) yang sudah ketinggalan zaman, DF-21D adalah rudal mobile berbahan bakar padat pertama China yang mampu membawa muatan 600 kg dengan jangkauan minimum 500 km (311 mil) dan jangkauan maksimum 2.150 km. Hulu ledak DF-21D kemungkinan dapat bermanuver dan mungkin memiliki akurasi 20 m CEP (circular error probable).

Beijing sejak itu telah mengembangkan sejumlah varian DF-21, termasuk versi berkemampuan nuklir/konvensional ganda (DF-21C) dan versi lain yang dirancang sebagai rudal balistik anti-kapal (DF-21D).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)