Donald Trump Ditembak, Presiden Biden Minta Rakyat AS Tenangkan Diri

Senin, 15 Juli 2024 - 09:03 WIB
loading...
Donald Trump Ditembak,...
Presiden Joe Biden minta rakyat AS tenangkan diri setelah rivalnya, Donald Trump, ditembak saat kampanye pilpres. Foto/Pool via REUTERS/Erin Schaff
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meminta rakyatnya menenangkan diri dan menurunkan suhu politik setelah rivalnya, Donald Trump, ditembak saat kampanye.

Seruan Biden disampaikan dalam suasana formal di Oval Office Gedung Putih pada hari Minggu.

Trump, mantan presiden Amerika yang juga calon presiden dari Partai Republik, ditembak sniper dalam upaya pembunuhan terhadapnya ketika berkampanye di Butler, Pennsylvania, Sabtu lalu.

Trump berhasil selamat dari penembakan, namun bagian atas telinga kanannya tertembus peluru.

"Penembakan Trump pada pertemuan massa di Pennsylvania pada hari Sabtu menyerukan kita semua untuk mengambil langkah mundur," kata Biden.



"Untungnya Trump tidak mengalami cedera serius," katanya lagi, seperti dikutip Reuters, Senin (15/7/2024).

“Kami tidak bisa membiarkan kekerasan ini dinormalisasi. Retorika politik di negeri ini semakin memanas. Ini waktunya untuk menenangkan diri,” seru Biden.

"Kita semua mempunyai tanggung jawab untuk melakukan hal ini," paparnya.

“Di Amerika, kami menyelesaikan perbedaan kami di kotak suara. Sekarang, itulah cara kami melakukannya. Di kotak suara. Bukan dengan peluru,” lanjut Biden dalam pidato yang berdurasi sekitar tujuh menit, dan disiarkan langsung oleh jaringan berita besar dan saluran konservatif Fox News.

"Politik tidak boleh menjadi ladang pembunuhan dan tidak ada yang lebih penting daripada berdiri bersama."

Ini adalah ketiga kalinya Biden menggunakan ruang formal di Oval Office untuk mengomentari isu-isu yang sangat penting bagi warga Amerika sejak dia mengambil alih kekuasaan pada tahun 2021.

Kali ini, kurang dari empat bulan tersisa sebelum pemilu tanggal 5 November, dan masa depan politik Biden diragukan.

Kemunculan Biden memungkinkan dia untuk menunjukkan kekuatan petahana, sebuah gambaran simbolis yang penting saat dia melawan beberapa orang di Partai Demokrat yang menginginkan pemimpin berusia 81 tahun itu mundur dari pencalonan kembali karena kekhawatiran bahwa dia tidak memiliki ketajaman mental untuk masa jabatan empat tahun lagi.

Biden mengalami beberapa contoh kekerasan politik yang terjadi di AS dalam beberapa tahun terakhir, termasuk penyerangan terhadap US Capitol pada 6 Januari 2021 oleh loyalis Trump dan pemukulan terhadap Paul Pelosi, suami mantan Ketua DPR Nancy Pelosi, pada tahun 2022.

“Kekerasan tidak pernah menjadi jawabannya,” kata Biden.

Empat presiden AS telah dibunuh dan beberapa lolos dari upaya pembunuhan. Beberapa calon presiden telah ditembak, beberapa di antaranya berakibat fatal.

Pejabat Gedung Putih berharap upaya penembakan Trump dapat mengurangi tekanan pada Biden untuk mundur dan mendorong Partai Demokrat untuk mendukungnya.

Biden melontarkan beberapa kata dan frasa dalam pidatonya, hal yang biasa dilakukan presiden, namun menjadi sorotan setelah penampilan debatnya yang gagal pada 27 Juni.

Setelah dia menyelesaikan pidatonya, Fox News Channel dan outlet berita konservatif lainnya menyoroti kesalahannya.

Pidato Biden di Oval Office jarang terjadi. Oktober lalu, dia menyampaikan pidato pada jam tayang utama untuk mengomentari konflik Gaza dan Ukraina dan pada Juni 2023 dia berbicara ketika kesepakatan dicapai dengan Partai Republik untuk menghindari pelanggaran plafon utang AS.

Dalam beberapa jam setelah penembakan hari Sabtu, tim kampanye Biden telah menghapus iklan televisi dan menghentikan komunikasi politik lainnya.

“Malam ini saya meminta setiap warga Amerika untuk berkomitmen kembali,” kata Biden. “Kebencian tidak boleh memiliki tempat yang aman.”

Namun dia mengatakan wajar jika visinya dikontraskan dengan visi mantan presiden Donald Trump, dan dia berencana untuk segera melakukannya.

Biden membatalkan perjalanan ke Texas pada hari Senin untuk menyampaikan pidato tentang hak-hak sipil tetapi akan berangkat ke Las Vegas pada hari Selasa untuk berpidato.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)