alexametrics

Curi Bagian Rahasia S-300 Rusia, Pria Polandia Dipenjara 14 Tahun

loading...
Curi Bagian Rahasia S-300 Rusia, Pria Polandia Dipenjara 14 Tahun
Sistem pertahanan rudal S-300 Rusia. Foto/REUTERS/Maxim Shemetov/File Photo
A+ A-
MOSKOW - Seorang pria Polandia tertangkap tangan mencoba mencuri bagian-bagian rahasia dari sistem rudal S-300 Rusia untuk pemasok Polandia. Dia diadili dan dihukum di pengadilan Moskow atas tuduhan spionase.

Marian Radzajewski dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 14 tahun. Pengadilan Kota Moskow mengumumkan putusan itu dalam siaran pers hari Selasa (25/6/2019) yang dilansir Russia Today. Sidang pengadilan ditutup untuk umum karena melibatkan bahan-bahan yang dianggap rahasia oleh pemerintah Rusia.

Menurut Layanan Keamanan Federal (FSB) Rusia, pria itu dikontrak oleh pemasok militer terkemuka Polandia untuk mencuri suku cadang dan mengekspornya kembali ke negara asalnya. Para pejabat Rusia mengatakan dia ditangkap saat berusaha untuk menyelesaikan kesepakatan.



Pemerintah Polandia belum berkomentar atas kasus hukum yang menjerat warganya di negara Vladimir Putin tersebut.

Pada awal Maret, Presiden Vladimir Putin mengatakan sepanjang tahun 2018 saja ada 129 anggota staf dan 465 agen layanan khusus asing yang digagalkan ketika beraksi di Rusia.

Prekursor buatan Soviet untuk sistem rudal S-400 masih digunakan secara luas di lebih dari selusin negara, termasuk Korea Utara, Venezuela dan Iran. Sementara itu, penjualan S-400 ke Turki dan India terus menjadi berita utama dan mendorong perselisihan antara Washington dan sekutunya, di mana Amerika Serikat bersikeras mereka harus menghentikan kesepakatan mereka dengan Rusia.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak