Seberapa Besar Upaya NATO untuk Mempersiapkan Diri Perang dengan Rusia?

Kamis, 11 Juli 2024 - 18:50 WIB
loading...
Seberapa Besar Upaya...
NATO melakukan berbagai upaya untuk mempersiapkan diri berperang dengan Rusia. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Dalam pidatonya untuk memperingati 75 tahun NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara), Presiden AS Joe Biden mengatakan NATO "lebih kuat dari sebelumnya" dan bahwa mereka menghadapi "momen penting", dengan perang antara Rusia dan Ukraina.

NATO yang dibentuk pada tahun 1949 oleh 12 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Prancis.

Perjanjian pendiriannya ditandatangani di Washington DC, dan para pemimpin negara-negara NATO menandai peringatan tersebut pada hari pertama pertemuan puncak, yang berlangsung antara tanggal 9 - 11 Juli.

Fokus NATO saat ini adalah Rusia. Moskow disebut sebagai musuh bersama bagi NATO. Rusia menjadi ancaman nyata bagi NATO.

Seberapa Besar Upaya NATO untuk Mempersiapkan Diri Perang dengan Rusia?

1. Membantu Ukraina Berperang Melawan NATO

Seberapa Besar Upaya NATO untuk Mempersiapkan Diri Perang dengan Rusia?

Foto/AP

Melansir BBC, Rusia secara konsisten menentang gagasan bergabungnya Ukraina dengan NATO, karena khawatir hal itu akan membuat kekuatan aliansi tersebut terlalu dekat dengan perbatasannya.

Namun, pada tahun 2008, NATO mengatakan bahwa Ukraina pada akhirnya bisa bergabung secara eksternal.

Setelah invasi Rusia, Presiden Ukraina Zelensky meminta agar negaranya diterima sesegera mungkin.

Sekretaris Jenderal NATO yang akan segera habis masa jabatannya, Stoltenberg, sebelumnya mengatakan "tidak dapat dihindari" bahwa Ukraina akan menjadi anggota, tetapi hal ini tidak akan terjadi sampai perangnya dengan Rusia berakhir.

Bos NATO Jens Stoltenberg mengatakan kepada Presiden Volodymyr Zelensky bahwa Ukraina dapat bergabung dalam “jangka panjang”

Sejak Juli 2023, Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina yang dipimpin AS, secara eksternal telah mengoordinasikan upaya untuk memberikan senjata dan pelatihan kepada Ukraina untuk mempertahankan diri dari Rusia.

NATO mengusulkan untuk mengambil alih peran tersebut dengan menciptakan dana eksternal sebesar USD100 miliar untuk mendukung Ukraina selama lima tahun ke depan.

2. Menjadikan Ukraina Sebagai Proksi Membendung Rusia

Seberapa Besar Upaya NATO untuk Mempersiapkan Diri Perang dengan Rusia?

Foto/AP

Pada tahun 2022, NATO mengatakan invasi Rusia ke Ukraina merupakan "ancaman paling signifikan dan langsung terhadap keamanan sekutu" secara eksternal.

NATO belum mengirim pasukan ke Ukraina atau memberlakukan zona larangan terbang di negara itu, karena takut terlibat konflik langsung dengan Rusia.

Namun, masing-masing anggota telah memasok senjata untuk membantu Ukraina mempertahankan diri.

Organisasi penelitian Jerman, Kiel Institute, mengatakan AS telah mengalokasikan 50,4 miliar euro untuk dukungan militer ke Ukraina, sementara negara-negara Eropa - Denmark, Jerman, Belanda, Polandia, dan Inggris - telah mengalokasikan 32 miliar euro.

AS, Inggris, Jerman, Turki, dan negara-negara lain telah menyediakan senjata anti-tank, sistem pertahanan rudal, senjata artileri, tank, dan drone militer. Amerika, Inggris dan Perancis juga memasok rudal jarak jauh.

Negara-negara NATO memasok sistem pertahanan udara Patriot ke Ukraina

Berbicara pada KTT di Washington, Presiden Joe Biden mengatakan AS akan bermitra dengan Jerman, Italia, Belanda, dan Rumania untuk menyumbangkan baterai rudal Patriot dan sistem lainnya guna meningkatkan pertahanan udara Ukraina.

Hal ini menyusul serangan udara Rusia di Ukraina pada tanggal 8 Juli yang menghancurkan sebuah rumah sakit anak-anak di Kyiv dan menewaskan 43 orang di seluruh negeri, menurut para pejabat.

Presiden Zelensky telah menghabiskan waktu berbulan-bulan memohon kepada sekutu Baratnya agar memberikan lebih banyak senjata.

Sebelumnya pada tahun 2024, pasokan amunisi AS mengering setelah rancangan undang-undang untuk memberikan lebih banyak dukungan militer ke Ukraina ditunda selama beberapa bulan. Produsen senjata Eropa tidak mampu mengisi kesenjangan tersebut.

AS mengizinkan dua negara NATO, Denmark dan Belanda, mengirim jet tempur F-16 buatan AS ke Ukraina. Pesawat pertama diharapkan tiba akhir musim panas ini.

3. Mencegah Serangan Rusia di Arktik hingga Atlantik Utara

Seberapa Besar Upaya NATO untuk Mempersiapkan Diri Perang dengan Rusia?

Foto/AP

Melansir BBC, pada tahun 2023, para komandan NATO menyetujui rencana terperinci untuk melawan kemungkinan serangan Rusia di mana pun di Arktik dan Atlantik utara, Eropa tengah, atau kawasan Mediterania.

Hal ini telah meningkatkan jumlah tentara di Eropa yang bersiaga tinggi dari 40.000 menjadi lebih dari 300.000.

Aliansi ini juga memperkuat pertahanannya di perbatasan Rusia dengan delapan kelompok tempur eksternal.


4. Meningkatkan Anggaran Pertahanan untuk Bersiap Perang dengan Rusia

Seberapa Besar Upaya NATO untuk Mempersiapkan Diri Perang dengan Rusia?

Foto/AP

Melansir BBC, NATO meminta setiap negara anggotanya untuk membelanjakan setidaknya 2% dari pendapatan nasionalnya untuk pertahanan, dan 23 negara di antaranya diproyeksikan dapat memenuhi target tersebut pada tahun 2024. Hanya tiga negara yang memenuhi target tersebut pada tahun 2014.

Pembelanja terbesar (sebanding dengan ukuran perekonomian mereka) adalah Amerika Serikat dan negara-negara yang dekat dengan Rusia, seperti Polandia dan Republik Baltik.

Anggota NATO di Eropa dan Kanada secara kolektif meningkatkan belanja pertahanan mereka sekitar 9% pada tahun 2023, dan diperkirakan akan meningkatkannya sebesar 18% lagi pada tahun 2024, yang bersifat eksternal.

Mantan Perdana Menteri Konservatif Rishi Sunak berkomitmen kepada Inggris untuk meningkatkan anggaran militernya menjadi 2,5% pendapatan nasional dari 2,3% saat ini.

Berbicara menjelang pertemuan puncak di Washington, Sir Keir Starmer menegaskan pemerintahan Partai Buruh akan menepati janji tersebut.

Namun, menteri angkatan bersenjata yang baru, Luke Pollard, belum mengatakan kapan target tersebut akan tercapai.

Ketika dia menjadi Presiden AS, Donald Trump mendorong anggota NATO di Eropa untuk meningkatkan belanja pertahanan mereka.

Selama kampanye pemilihan presiden saat ini, Trump – yang kemungkinan merupakan calon dari Partai Republik – memperingatkan bahwa jika ia terpilih kembali, ia mungkin akan mendorong Rusia untuk menyerang negara-negara NATO yang gagal mengeluarkan dana yang cukup.

Stoltenberg mengatakan sarannya "merusak seluruh keamanan kita".

Pada kampanye hari Selasa, Trump mengatakan kepada para pendukungnya bahwa negara-negara NATO kini menyumbang "ratusan miliar dolar" lebih banyak karena dia telah memperingatkan mereka: "Tidak, saya tidak akan melindungi Anda dari Rusia" kecuali mereka membayar lebih kepada aliansi tersebut.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)