Negara NATO Ini Pasok 6 Jet Tempur F-16 ke Ukraina untuk Lawan Rusia, Dikirim Tahun Ini

Kamis, 11 Juli 2024 - 07:04 WIB
loading...
Negara NATO Ini Pasok...
Norwegia, salah satu negara NATO, akan memasok 6 unit jet tempur F-16 kepada Ukraina untuk melawan Rusia. Pengirimannya dilakukan tahun ini. Foto/REUTERS
A A A
OSLO - Norwegia, salah satu anggota NATO, memutuskan untuk menyumbangkan enam jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia.

Perdana Menteri (PM) Norwegia Jonas Gahr Stoere, dalam siaran pers pada Rabu, mengatakan jet-jet tempur modern itu akan tiba di Kyiv pada tahun ini.

Pengumuman tersebut disampaikan ketika sekutu-sekutu NATO berkumpul di Washington untuk menghadiri pertemuan puncak tahunan, dengan bantuan untuk Ukraina sebagai agenda utama.



Oslo telah mengonfirmasi niatnya untuk menyumbangkan beberapa jet tempur F-16 ke Ukraina pada tahun lalu, namun belum mengungkapkan jumlahnya hingga sekarang.

Media Norwegia melaporkan pada bulan April bahwa negara tersebut dapat menyediakan 22 unit jet tempur kepada Ukraina, meskipun hanya 12 di antaranya yang diyakini dapat digunakan.

Norwegia telah menghapuskan armada F-16 secara bertahap dan memilih jet tempur siluman F-35 yang lebih modern.

“Kemampuan Ukraina untuk mempertahankan diri dari serangan udara sangat penting dalam pertempuran melawan Rusia. Norwegia kini memutuskan untuk menyumbangkan enam jet tempur F-16 ke Ukraina,” kata Stoere, seperti dikutip dari Kyiv Independent, Kamis (11/7/2024).

“Kami berencana untuk mulai mengirimkan pesawat tersebut pada tahun 2024.”

Selain Norwegia, Ukraina diperkirakan akan menerima lebih dari 70 unit F-16 dari Belanda, Denmark, dan Belgia. Jet pasokan Denmark pertama diperkirakan akan tiba pada musim panas ini, dan pengiriman diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)