Belanda Segera Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Selasa, 02 Juli 2024 - 07:55 WIB
loading...
Belanda Segera Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina
Belanda akan mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina. Foto/AP
A A A
AMSTERDAM - Belanda akan segera memasok Ukraina dengan jet tempur F-16 pertama dari 24 jet tempur yang dijanjikan. Demikian diungkapkan Pemerintah Belanda.

"Izin yang diperlukan untuk mengirimkan jet ke Ukraina telah diberikan," ungkap Menteri Pertahanan Kajsa Ollongren dalam sebuah surat kepada parlemen menjelang transisi pemerintahan pada Selasa (2/7/2024) setelah berbulan-bulan membangun koalisi setelah pemilu tahun lalu.

Dia menolak merinci berapa banyak pesawat yang akan dikirim pada pengiriman pertama dan kapan mereka akan tiba di Ukraina karena alasan keamanan.

Baca Juga: National Rally Bersiap untuk Kemenangan Bersejarah dalam Pemilu di Prancis

Belanda telah menjadi salah satu kekuatan pendorong di belakang koalisi internasional untuk memasok F-16 ke Ukraina guna memperkuat pertahanan udaranya melawan Rusia.

Pemerintah Belanda sebelumnya memasok F-16 ke fasilitas pelatihan di Rumania, tempat pilot dan staf darat Ukraina diajari cara menerbangkan dan merawat pesawat tersebut dalam pertempuran.

Pada bulan April, Ollongren memperkirakan pengiriman yang dijanjikan oleh Denmark, Belanda dan Amerika Serikat akan dimulai dalam beberapa bulan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)
pixels