8 Strategi Hizbullah Melawan Teknologi Penyadapan Israel, Salah Satunya Tidak Membawa Ponsel

Kamis, 11 Juli 2024 - 14:55 WIB
loading...
A A A
Pakar keamanan mengatakan beberapa tindakan pencegahan berteknologi rendah bisa cukup efektif melawan mata-mata berteknologi tinggi. Salah satu cara mendiang pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, menghindari penangkapan selama hampir satu dekade adalah dengan memutus sambungan internet dan layanan telepon, dan sebagai gantinya menggunakan kurir.

“Tindakan sederhana dengan menggunakan VPN (jaringan pribadi virtual), atau lebih baik lagi, tidak menggunakan ponsel sama sekali, dapat mempersulit pencarian dan penetapan target,” kata Emily Harding, mantan analis CIA yang sekarang bekerja di CIA. Lembaga pemikir Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington.

“Tetapi tindakan balasan ini juga membuat kepemimpinan Hizbullah menjadi kurang efektif dalam berkomunikasi secara cepat dengan pasukan mereka.”

4. Memanfaatkan Informan Lokal

8 Strategi Hizbullah Melawan Teknologi Penyadapan Israel, Salah Satunya Tidak Membawa Ponsel

Foto/AP

Para pejabat Hizbullah dan keamanan Lebanon yakin Israel juga telah memanfaatkan informan lokal untuk membidik sasaran. Krisis ekonomi Lebanon dan persaingan antar faksi politik telah menciptakan peluang bagi perekrut Israel, namun tidak semua informan menyadari dengan siapa mereka berbicara, kata tiga sumber.

Pada tanggal 22 November, seorang wanita dari Lebanon selatan menerima panggilan di ponselnya dari seseorang yang mengaku sebagai pejabat setempat, menurut dua sumber yang mengetahui langsung kejadian tersebut. Berbicara dalam bahasa Arab yang sempurna, penelepon bertanya apakah keluarganya ada di rumah, kata sumber tersebut. Tidak, jawab wanita itu, menjelaskan bahwa mereka telah melakukan perjalanan ke Lebanon bagian timur.

Beberapa menit kemudian, sebuah rudal menghantam rumah wanita tersebut di desa Beit Yahoun, menewaskan lima pejuang Hizbullah termasuk Abbas Raad, putra seorang anggota parlemen senior Hizbullah dan anggota Radwan, kata sumber tersebut.

Hizbullah yakin Israel telah melacak para pejuang tersebut hingga ke lokasi tersebut dan melakukan panggilan untuk memastikan apakah ada warga sipil di sana sebelum melancarkan serangan, kata mereka kepada Reuters tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Militer Israel mengatakan pada saat itu bahwa mereka menyerang sejumlah sasaran Hizbullah pada hari itu, termasuk “sel pejuang”.

5. Menolak Telepon Tidak Jelas

8 Strategi Hizbullah Melawan Teknologi Penyadapan Israel, Salah Satunya Tidak Membawa Ponsel

Foto/AP

Dalam beberapa minggu, Hizbullah secara terbuka memperingatkan para pendukungnya melalui stasiun radio afiliasi Al-Nour agar tidak mempercayai penelepon dingin yang mengaku sebagai pejabat lokal atau pekerja bantuan, dengan mengatakan bahwa Israel meniru mereka untuk mengidentifikasi rumah-rumah yang digunakan oleh Hizbullah.

Ini adalah yang pertama dari serangkaian serangan yang menargetkan agen-agen penting Hizbullah di Lebanon. Korban lainnya yang tewas termasuk Wissam al-Tawil, Taleb Abdallah dan Mohammed Nasser, komandan yang memainkan peran utama mengarahkan operasi Hizbullah di selatan. Saleh al-Arouri, wakil ketua Hamas, juga terbunuh saat menghadiri pertemuan di ibu kota, Beirut.

6. Memutus Sambungan dengan Kamera CCTV

Hizbullah mulai curiga bahwa Israel menargetkan para pejuangnya dengan melacak ponsel mereka dan memantau rekaman video dari kamera keamanan yang dipasang di gedung-gedung di komunitas perbatasan, dua sumber yang mengetahui pemikiran kelompok tersebut dan seorang pejabat intelijen Lebanon mengatakan kepada Reuters.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)