Oposisi Serukan Korsel Miliki Senjata Nuklir di Tengah Permusuhan dengan Korut

Selasa, 09 Juli 2024 - 09:21 WIB
loading...
Oposisi Serukan Korsel...
Na Kyung-won, politisi oposisi yang serukan Korea Selatan memiliki senjata nuklir di tengah permusuhan dengan Korea Utara. Foto/Kim Hyun-tai/Yonhap
A A A
SEOUL - Seorang politisi oposisi terkemuka Korea Selatan (Korsel) menyerukan negaranya untuk mempersenjatai diri dengan senjata nuklir di tengah memanasnya permusuhan dengan Korea Utara (Korut).

Na Kyung-won, politisi perempuan yang disebut-sebut sebagai calon terdepan dalam memimpin oposisi negaranya, mengusulkan agar negaranya melakukan persiapan untuk mengembangkan senjata nuklir dalam waktu singkat saat ini.

Dalam postingan Facebook-nya, Na menguraikan mengapa dia yakin negaranya harus meninggalkan kebijakan non-proliferasi yang bersejarah.

“Sejarah masyarakat internasional menunjukkan bahwa hanya ‘negara dengan kekuatan’ untuk menekan ancaman eksternal yang bisa bertahan,” tulis Na dalam postingannya.



“Inilah sebabnya kita harus memikirkan senjata nuklir dengan segala kemungkinan yang terbuka sekarang,” lanjut dia, seperti dikutip Newsweek, Selasa (9/7/2024).

Na melanjutkan dengan menguraikan proposalnya, yang menurutnya didorong oleh “kewarasan internasional”, dan bergantung pada kerja sama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS).

“Saat ini kami akan melakukan persiapan untuk mengembangkan senjata nuklir dalam waktu singkat,” kata Na. “Saya tidak akan berhenti hanya dengan kata-kata, tapi dengan tindakan.”

Na akan mencalonkan diri sebagai pemimpin Partai Kekuatan Rakyat pada konvensi partai pada 23 Juli.

Pada tahun 1975, Korea Selatan bergabung dengan Perjanjian Nonproliferasi (NPT) nuklir, yang melarang negara-negara penandatangan mengembangkan senjata nuklir.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)