Pendeta yang Bikin 440 Pengikut ‘Puasa sampai Mati agar Bertemu Yesus’ Diadili

Selasa, 09 Juli 2024 - 08:50 WIB
loading...
A A A
Beberapa anggota kelompok yang masih hidup mengatakan kepada anggota keluarga bahwa apa yang dia khotbahkan sering kali menjadi kenyataan, dengan mengutip prediksinya bahwa "virus besar" akan datang, tepat sebelum Covid-19 melanda negara tersebut.

Ketika orang-orang berjuang selama pandemi ini, baik secara finansial maupun medis, Mackenzie berkhotbah tentang meninggalkan kesulitan hidup dan “beralih ke keselamatan.”

Menteri Dalam Negeri Kiture Kindiki tahun lalu menuduh polisi Kenya lalai dalam menyelidiki laporan awal mengenai kelaparan.

“Pembantaian Shakahola adalah pelanggaran keamanan terburuk dalam sejarah negara kita,” katanya pada sidang komite Senat, dan bersumpah untuk “tanpa henti mendorong reformasi hukum untuk menjinakkan para pengkhotbah nakal.”

Laporan Senat Kenya dan badan pengawas hak asasi manusia yang didanai negara mengatakan pihak berwenang sebenarnya bisa mencegah kematian tersebut.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya (KNCHR) mengkritik petugas keamanan di Malindi karena "sangat mengabaikan tugas dan kelalaiannya".

Kisah mengerikan ini membuat Presiden William Ruto bersumpah untuk campur tangan dalam gerakan keagamaan yang berkembang di Kenya.

“Apa yang kami lihat mirip dengan terorisme,” kata Ruto tahun lalu. "Mackenzie berpura-pura dan bersikap seperti seorang pendeta padahal sebenarnya dia adalah penjahat yang kejam."

Di Kenya yang sebagian besar penduduknya beragama Kristen, hal ini juga menyoroti kegagalan upaya mengatur gereja-gereja yang tidak bermoral dan aliran sesat yang terlibat dalam kriminalitas.

Pada tahun 2022, jenazah seorang wanita Inggris yang meninggal di rumah pemimpin aliran sesat yang berbeda saat berlibur di Kenya digali, menurut pengacara keluarga tersebut. Luftunisa Kwandwalla (44) sedang mengunjungi kota pesisir Mombasa ketika dia meninggal pada Agustus 2020 dan dimakamkan sehari kemudian, tetapi keluarganya mengeklaim telah terjadi pelanggaran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)