Ingin Gagalkan Bantuan F-16, Pangkalan Udara Ukraina Berulang Kali Dibom Rusia

Selasa, 02 Juli 2024 - 13:13 WIB
loading...
Ingin Gagalkan Bantuan F-16, Pangkalan Udara Ukraina Berulang Kali Dibom Rusia
Rusia ingin menggagalkan bantuan F-16 untuk Ukraina sehingga berulang kali mengebom pangkalan udara Kiev. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Ledakan bergema di langit menjelang fajar ketika pertahanan udara Ukraina menangkis serangan Rusia di kota kecil di Ukraina barat. Lokasi ledakan tersebut merupakan lokasi pangkalan udara penting dan sering menjadi sasaran serangan Moskow.

Beberapa jam setelah penyerangan, jalanan Starokostiantyniv yang rapi kembali normal.

Namun serangan tanggal 27 Juni tersebut merupakan pengingat akan tantangan yang dihadapi Ukraina ketika mereka membangun kembali angkatan udaranya yang sudah habis dan mengerahkan F-16 pertama rancangan AS – pesawat tempur yang akan diterbangkan atau dihancurkan oleh Rusia.

Pesawat-pesawat pertama diharapkan tiba bulan ini, dan Ukraina berharap mereka akan meningkatkan kekuatan mereka yang berjuang untuk mengusir serangan gencar Rusia di sepanjang garis depan, termasuk bom luncur yang berpotensi mengganggu F-16.

Para pejabat belum mengungkapkan di mana F-16 akan ditempatkan, namun Moskow mengatakan setelah serangan di Starokostiantyniv Kamis lalu bahwa mereka telah menargetkan lapangan udara yang diyakini akan menampung mereka.

Pangkalan udara tersebut sering diserang sejak hari-hari pertama invasi Rusia pada Februari 2022, termasuk dari drone dan rudal hipersonik.

Penghuni pos militer bersejarah berpenduduk sekitar 30.000 orang, yang dijuluki Starkon, di wilayah Khmelnytskyi Ukraina telah belajar menyesuaikan diri dengan bahaya yang terus-menerus terjadi.

“Singkatnya, 'menyenangkan' tinggal di sini,” kata pejabat kota dan pakar budaya lokal Vasyl Muliar sambil tersenyum masam, berbicara setelah serangan baru-baru ini, dilansir Reuters.

Juru bicara angkatan udara Ukraina mengatakan serangan itu menimbulkan "kesulitan tertentu", namun tidak akan mengganggu pengiriman F-16 atau penggunaannya dalam pertempuran.

Para pejabat bungkam mengenai rincian serangan terhadap objek seperti pangkalan militer dan infrastruktur penting.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)
pixels