alexametrics

Warga Australia Temukan Bongkahan Emas 1,4 Kg

loading...
Warga Australia Temukan Bongkahan Emas 1,4 Kg
Warga Australia Temukan Bongkahan Emas 1,4 Kg. (Finders Keepers Gold Prospecting).
A+ A-
KALGOORLIE - Seorang warga Australia menemukan bongkahan emas 1,4 kg dengan detektor logam saat berada di tambang emas di Australia Barat.

Toko di Kalgoorlie membagikan gambar emas itu secara online. Bongkahan batu mulia itu diperkirakan bernilai sekitar USD69.000 (Rp998 juta). Menurut pemilik toko Matt Cook, pria yang menemukan emas itu merupakan penghobi lokal yang sudah berpengalaman dalam mencari emas dengan detektor logam.

Para pakar menyatakan penemuan emas sebesar itu hanya terjadi beberapa kali saja dalam setahun. Sekitar tiga per empat dari total emas yang ditambang di Australia diproduksi di dalam dan sekitar wilayah Kalgoorlie.



Cook yang memiliki toko penjualan suplai untuk para prospektor emas menjelaskan, pria yang namanya tidak disebutkan itu mendeteksi bongkahan emas itu sekitar 45 cm di bawah permukaan tanah. “Dia berjalan masuk ke toko saya dan menunjukkan saya bongkahan di tangannya dengan senyum besar di wajah saya,” kata Cook pada BBC.

“Ini sedikit lebih besar dibandingkan sebungkus rokok dan kepadatannya luar biasa, sangat berat,” tutur Cook.

Jejak emas dalam jumlah lebih kecil banyak ditemukan di kawasan itu menurut Profesor Sam Spearing, direktur Sekolah Tambang Australia Barat di Universitas Curtin. “Dengan tambang-tambang di sekitarnya, banyak orang berkeliling sebagai prospektor pada akhir pekan, sebagai hobi. Orang lain melakukannya sebagai pekerjaan harian,” ujar Profesor Spearing.

“Sebagian besar emas yang ditemukan kurang dari setengah ons, tapi mereka menemukannya cukup sering,” papar dia. (Muh Shamil)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak