2 Negara Kawasan Timur Tengah dengan Populasi Muslim Minoritas

Kamis, 27 Juni 2024 - 17:22 WIB
loading...
2 Negara Kawasan Timur Tengah dengan Populasi Muslim Minoritas
Seorang pria mengendarai sepedanya di luar gereja Panagia Faneromeni di Nicosia, Siprus, 20 Juni 2024. Foto/REUTERS/Yiannis Kourtoglou
A A A
TEL AVIV - Ada dua negara di kawasan Timur Tengah dengan populasi Muslim minoritas. Salah satunya punya riwayat perang dengan negara Arab.

Timur Tengah merupakan penyebutan terhadap negara-negara yang secara geografis berada di wilayah pertemuan antara Asia, Afrika, dan Eropa. Secara umum, kawasan tersebut dikenali berisikan negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Namun, sebenarnya tidak ada daftar resmi tentang negara-negara Timur Tengah. Beberapa sumber bahkan terkadang memasukkan Siprus dan Mesir ke dalam daftar mengingat wilayahnya yang dirasa relevan.

Lantas, adakah negara di kawasan Timur Tengan dengan populasi Muslim minoritas? Berikut ulasannya.

Negara Timur Tengah dengan Populasi Muslim Minoritas

1. Israel


Israel merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Timur Tengah. Menariknya, mereka menjadi satu-satunya negara Yahudi yang dikelilingi negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Pada riwayatnya, ada beberapa versi sejarah yang menjelaskan asal-usul munculnya negara Israel. Salah satunya berkaitan dengan keberadaan Zionis.

Sebagai informasi, Zionis muncul dalam bentuk gerakan keagamaan dan politik sekitar abad ke-19. Tujuan utamanya adalah membangun negara Yahudi yang berdaulat.

Sejak mendeklarasikan kemerdekaan pada 1948, Israel juga punya riwayat konfrontasi dengan negara-negara Muslim. Beberapa kali, mereka terlibat perang dengan hasil yang berbeda-beda.

Berkaca pada pendiriannya, Israel didirikan sebagai negara Yahudi yang merdeka. Artinya, penduduknya pun mayoritas adalah pemeluk Yahudi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)
pixels