Peta Israel Raya, Ini Daftar Wilayah dan Negara yang Bakal Masuk Jika Terwujud

Selasa, 25 Juni 2024 - 15:19 WIB
loading...
Peta Israel Raya, Ini...
Peta Israel Raya menurut salah satu versi yang beredar. Foto/jagranjosh.com
A A A
TEL AVIV - Peta Israel Raya baru-baru ini tengah memicu kontroversi luas di berbagai platform media sosial. Peta tersebut ditampilkan dalam lencana yang dipakai prajurit Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Menurut laporan MiddleEastMonitor, peta Israel Raya yang disematkan pada lencana prajurit IDF tak hanya mencakup wilayah Israel.

Namun, ada juga wilayah negara-negara tetangga, termasuk Yordania, Lebanon hingga sebagian Suriah, Irak, dan Mesir.

Setelah tersebar luas di media sosial, banyak komentar yang muncul mengenai peta Israel Raya tersebut.

Beberapa di antaranya menyebut bahwa keberadaan lencana bergambar peta itu mencerminkan agenda ekspansi Zionis Israel.

Lebih jauh, wilayah mana saja yang akan masuk sebagai bagian negara Zionis apabila Israel Raya benar-benar terwujud? Berikut ulasannya.

Peta Israel Raya


Sebelumnya, perlu diketahui bahwa konsep Israel Raya ini mengacu pada gagasan perluasan wilayah dan kedaulatan negara penjajah Israel. Wilayahnya sendiri mencakup dari interpretasi orang-orang Israel mengenai gambaran tanah bersejarah dalam Alkitab.

Lebih jauh, konsep Israel Raya juga disebut menjadi rencana kaum Zionis untuk Timur Tengah. Mengutip Jagran Josh, bapak Zionisme Theodore Herzl menyebutnya sebagai negara Yahudi yang terbentang dari Sungai Mesir hingga Sungai Eufrat.

Mengacu pada beberapa pandangan di atas, wilayah dari Israel Raya ini terbilang sangat luas. Namun, ada beberapa pendapat berbeda mengenai cakupan wilayahnya kelak. Berikut di antaranya:

1. Menurut Konsep Theodore Herzl


Theodore Herzl ini adalah tokoh pendiri Zionisme. Ia pernah mengungkap konsep Israel Raya yang akan mengklaim wilayah dari Sungai Mesir sampai Sungai Eufrat. Berikut daftarnya:

- Palestina,

- Lebanon Selatan sampai ke Sidon dan Sungai Litani,

- Dataran Tinggi Golan Suriah, Dataran Hauran dan Deraa,

- Jalur Kereta Api Hejaz dari Deraa ke Amman, Yordania serta Teluk Aqaba.

2. Pendapat Tokoh Zionis Lain


Selain teori dari Theodore Herzl, banyak tokoh Zionis lain yang ikut berpandangan tentang wilayah Israel Raya. Beberapa di antaranya menyebut wilayahnya akan sangat luas.

Israel Raya akan mencakup wilayah lain dari Sungai Nil di Barat hingga Efrat di Timur. Artinya, tak hanya Palestina, kekuasaannya akan mengambil milik negara lain seperti Lebanon, Suriah bagian barat hingga Turki bagian selatan.

3. Versi Lencana Tentara IDF


Terbaru, peta wilayah Israel disebutkan muncul dalam lencana tentara IDF. Sebagai informasi, lencana tersebut berada di seragam tentara IDF yang beroperasi di Gaza.

Melihat sekilas gambaran petanya, jelas bahwa Israel Raya tidak hanya mengacu pada wilayah Israel sekarang. Lebih jauh, ada wilayah negara-negara lain seperti Palestina, Yordania, Lebanon, sebagian Suriah, Irak, Arab Saudi hingga Mesir.

Itulah tiga pandangan berbeda mengenai peta Israel Raya yang belakangan jadi perhatian.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)