Ini Deretan Kekuatan Hamas dan Hizbullah Jika Dibandingkan dengan Militer Israel

Senin, 24 Juni 2024 - 20:56 WIB
loading...
Ini Deretan Kekuatan Hamas dan Hizbullah Jika Dibandingkan dengan Militer Israel
Hamas memiliki kekuatan militer yang disegani. Foto/AP
A A A
GAZA - Serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober dan pembalasan militer Israel di Jalur Gaza mendorong Timur Tengah untuk bersiap menghadapi konflik yang lebih luas.

Para pejabat di Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, telah berjanji untuk menghancurkan Hamas. Pasukan Pertahanan Israel telah menempatkan pasukan, tank, dan artileri di luar tembok Jalur Gaza sebagai persiapan untuk serangan darat.

Bentrokan antara kelompok Lebanon Hizbullah dan IDF di Israel utara meningkatkan kekhawatiran bahwa konflik di Gaza dapat menyebar ke front lain.

Hamas dan Hizbullah – yang keduanya terdaftar sebagai organisasi teroris oleh AS, Uni Eropa, dan beberapa negara lainnya – dikenal mahir dalam peperangan asimetris.

Informasi mengenai kemampuan tempur kedua kelompok militan tersebut belum dapat diverifikasi karena tidak ada sumber yang dapat dipercaya.

Namun yang jelas adalah bahwa kedua kelompok tersebut telah memperluas persenjataan mereka selama bertahun-tahun dan dapat menimbulkan tantangan bagi militer Israel jika operasi darat dimulai di Jalur Gaza yang padat penduduknya dan jika Hizbullah akan menyerang dari utara.

Berikut ini adalah kemampuan militer Hamas, Hizbullah dan Tentara Pertananan Israel (IDF).

1. Hamas: Terowongan Gaza

Ini Deretan Kekuatan Hamas dan Hizbullah Jika Dibandingkan dengan Militer Israel

Foto/AP

Melansir DW, Hamas didirikan pada awal intifada pertama pada tahun 1987, ketika ribuan warga Palestina memprotes pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza. Pendirinya Sheikh Ahmed Yassin adalah seorang ulama Palestina yang berafiliasi dengan gerakan politik Ikhwanul Muslimin.

Selama bertahun-tahun, Hamas telah mengembangkan infrastruktur militer dan meningkatkan kekuatannya, meningkatkan kemampuannya dalam hal jangkauan dan persenjataan.

Mereka juga telah menggali sistem terowongan canggih di bawah Jalur Gaza, serta sebagian wilayah Israel dan Mesir. Terowongan ini dirancang untuk menyembunyikan dan menutupi militan, sehingga menyulitkan IDF untuk melacak dan menemukan mereka. Hamas dapat melakukan serangan mendadak terhadap tentara Israel jika terjadi serangan darat.

Sayap militer Hamas – Brigade Izz ad-Din al-Qassam, sering disebut sebagai Brigade al-Qassam – masih bungkam mengenai jumlah pasti pejuangnya. Berbagai sumber menyebutkan angka berkisar antara 7.000 hingga 50.000 tentara.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)
pixels