Agama Warga Negara Kanada dan Persentasenya

Senin, 24 Juni 2024 - 14:29 WIB
loading...
Agama Warga Negara Kanada...
Kristen menjadi agama mayoritas di Kanada. Sedangkan lebih dari 30 persen penduduknya tidak beragama. Foto/Showwei Chu/CBC
A A A
JAKARTA - Kanada merupakan sebuah negara di kawasan Amerika Utara. Penduduk negara ini menganut berbagai agama atau kepercayaan yang berbeda-beda, namun mayoritas adalah pemeluk Kristen.

Negara yang beribu kota di Ottawa ini menjadi salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Wilayahnya berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah timur, Samudra Pasifik di barat, serta Samudra Arktik dan Amerika Serikat di bagian utara.

Saat ini, populasi Kanada diperkirakan mencapai lebih dari 41 juta jiwa. Secara umum, para penduduknya menganut agama atau kepercayaan yang berbeda-beda. Berikut persentasenya.



Agama Warga Negara Kanada

1. Kristen


Kanada tidak memiliki agama resmi sebagai agama negara. Artinya, penduduknya bebas menentukan sendiri kepercayaan yang mereka anut.

Saat ini, Kristen menjadi agama mayoritas penduduk Kanada. Menurut perkiraan CIA World Factbook, angkanya sudah menyentuh 53,3 persen pada 2021.

Persebarannya pun beragam. Meski tidak diketahui secara rinci, umumnya ada beberapa denominasi Kristen yang ada di Kanada.

2. Islam


Islam ternyata juga memiliki penganut terbesar kedua di Kanada. Namun, sebagian di antara pemeluknya adalah imigran.

Meski tidak sebesar Kristen yang menjadi agama mayoritas, pemeluk Islam di Kanada diperkirakan sekitar 4,9 persen.

3. Hindu


Sebagaimana pemeluk Islam, penduduk Kanada yang menganut agama Hindu juga terdiri atas sebagian di antaranya imigran.

Menurut perkiraan tahun 2021, penganut Hindu di Kanada sudah mencapai 2,3 persen dari total populasi. Angkanya menjadi terbesar ketiga di bawah Islam.

4. Sikh


Meski lebih jarang didengar seperti Kristen atau Islam, Sikhisme menjadi salah satu agama besar yang punya sejarahnya sendiri di dunia.

Menurut beberapa sumber, kepercayaan ini berkembang pada abad ke-16 dan ke-17 di India. Per 2021, diperkirakan setidaknya ada 2,1 persen penduduk Kanada yang memeluk agama Sikh.

5. Agama Lain


Selain keempat nama di atas, sebagian kecil penduduk Kanada juga memeluk agama lain. Salah satunya adalah Buddha dengan persentase 1 persen dan Yahudi sebesar 0,9 persen

Kemudian, ada juga beberapa agama tradisional yang masih melekat. Jumlahnya mencapai sekitar 0,8 persen.

6. Tidak Beragama


Laporan lain juga menyebutkan bahwa lebih dari 30 persen penduduk Kanada tidak beragama. Ketidakberagamaan ini termasuk untuk beberapa golongan seperti ateis, agnostik hingga humanis sekuler.

Demikianlah ulasan mengenai agama warga negara Kanada dan persentasenya yang bisa diketahui.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)