Ini Deretan Kekuatan Hamas dan Hizbullah Jika Dibandingkan dengan Militer Israel

Senin, 24 Juni 2024 - 20:56 WIB
loading...
A A A
Melansir DW, Hizbullah, sebuah gerakan politik Syiah yang berbasis di Lebanon, didirikan selama invasi Israel ke negara tersebut pada tahun 1982. Kelompok ini memiliki sayap militer yang kuat dan dikenal sebagai salah satu aktor non-negara yang memiliki persenjataan paling berat di dunia.

Pada tahun 2021, pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengklaim kelompoknya memiliki 100.000 pejuang. Namun, para ahli berpendapat bahwa jumlah ini terlalu berlebihan karena memperkirakan bahwa kekuatan milisi sebenarnya berkisar antara 15.000 hingga 20.000 pejuang terlatih, dan berpotensi menambah kekuatan ini dengan 30.000 anggota paruh waktu.

Iran, pendukung utama Hizbullah, dilaporkan telah memasok milisi tersebut dengan roket dengan jangkauan lebih jauh dan lebih tepat yang mampu menyebabkan kerusakan signifikan pada infrastruktur Israel dan menghambat akses maritim ke pantai Mediterania Israel.

Namun sebagian besar persenjataan Hizbullah terdiri dari artileri permukaan-ke-permukaan yang kecil, portabel, dan tidak terarah. Namun, jumlah senjata yang dimiliki kelompok ini dapat menghalangi pasukan yang lebih besar dan lebih maju.

Misalnya, milisi dapat mengerahkan kawanan drone secara bersamaan terhadap satu sasaran untuk melumpuhkan sistem pertahanan udara Israel.

Selain itu, Hizbullah memiliki sistem pertahanan seperti SA-22 Rusia, yang dapat menargetkan pesawat terbang, helikopter, rudal balistik dan jelajah, serta drone. Aset-aset ini menimbulkan tantangan besar bagi militer Israel, yang sangat bergantung pada superioritas udaranya.

Nasrallah telah berulang kali menyatakan bahwa milisinya memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi lawan yang tangguh melawan Israel. Namun, IDF masih lebih unggul. Pada perang tahun 2006, Hizbullah menembakkan ribuan roket ke Israel.

Konflik tersebut menewaskan sekitar 1.200 orang di Lebanon, sebagian besar warga sipil. Sebaliknya, di Israel, terdapat kurang dari 160 korban jiwa – kebanyakan dari mereka adalah tentara.

3. IDF

Ini Deretan Kekuatan Hamas dan Hizbullah Jika Dibandingkan dengan Militer Israel

Foto/AP

Melansir DW, IDF termasuk dalam jajaran militer paling kuat di dunia, menurut Global Firepower Index, sebuah database yang menilai sejumlah faktor seperti jumlah pasukan, persenjataan, teknologi, dan sumber daya keuangan.

Persenjataan Israel mencakup kapal rudal canggih, tank, helikopter serang, dan armada drone besar. Namun kekuatan utama IDF terletak pada angkatan udaranya, yang sebagian besar terdiri dari pesawat-pesawat mutakhir Amerika, termasuk ratusan F-16 dan F-35.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)
pixels