Jarum Suntik Dokter Pakistan Bikin 90 Orang Terinfeksi HIV

Sabtu, 04 Mei 2019 - 01:28 WIB
Jarum Suntik Dokter Pakistan Bikin 90 Orang Terinfeksi HIV
Jarum Suntik Dokter Pakistan Bikin 90 Orang Terinfeksi HIV
A A A
ISLAMABAD - Setidaknya 90 orang, termasuk 65 anak di Pakistan, telah terinfeksi HIV (human immunodeficiency virus). Penyebabnya adalah seorang dokter menggunakan jarum suntik yang telah terkontaminasi virus tersebut.

"Kami telah menangkap seorang dokter setelah menerima keluhan dari otoritas kesehatan," kata kepala polisi setempat, Kamran Nawaz, yang memimpin penyelidikan kasus di kota selatan Larkana tersebut, hari Jumat.

"Kami diberitahu bahwa dokter itu juga mengidap HIV," lanjut Nawaz, seperti dikutip Al Jazeera, Sabtu (4/5/2019).

Kasus penularan HIV ini terbongkar polisi pekan lalu setelah 18 anak yang tinggal di pinggiran kota dinyatakan positif terinfeksi HIV. Temuan itu mendorong pejabat kesehatan untuk melakukan pemeriksaan lebih luas. Hasilnya, puluhan orang diketahui telah terinfeksi.

"Lebih dari 90 orang telah dites positif HIV dan jumlah anak-anak adalah sekitar 65 orang," kata Dr Abdul Rehaman, seorang pejabat kesehatan di Larkana kepada kantor berita AFP.

Seorang pejabat kedua dari otoritas kesehatan setempat mengonfirmasi wabah itu, meskipun memberikan angka yang sedikit berbeda.

Pihak berwenang mengatakan mereka melacak wabah ke dokter tunggal, yang diyakini menggunakan jarum suntik yang telah terkontaminasi HIV.

Pejabat kesehatan provinsi Sindh, Azra Pechuho, mengonfirmasi penangkapan dokter tersebut. "Darah orang tua dari anak-anak yang terinfeksi juga diuji, tetapi hasilnya negatif," katanya.

Pakistan dianggap sebagai negara dengan prevalensi rendah untuk HIV. Namun, penyakit ini berkembang di antara pengguna narkoba via suntikan, pekerja seks dan pekerja migran yang kembali dari Teluk.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3479 seconds (0.1#10.140)