Vladimir Putin Disambut Karpet Merah di Vietnam, Amerika Serikat Marah

Kamis, 20 Juni 2024 - 12:32 WIB
loading...
A A A
Rusia dan Vietnam memiliki hubungan erat sejak tahun 1950-an, dan selama beberapa dekade, Moskow adalah pemasok senjata utama Hanoi.

Dalam sebuah artikel opini yang bertepatan dengan kunjungannya, Putin memuji Vietnam karena mendukung cara pragmatis untuk menyelesaikan krisis di Ukraina.

Vietnam secara resmi menerapkan kebijakan luar negeri yang netral dan tidak mengutuk serangan Rusia terhadap Ukraina, sebuah sikap yang dianggap terlalu pemurah oleh beberapa negara Barat terhadap Kremlin.

Selain memuji Vietnam atas sikapnya dalam perang di Ukraina, Putin juga menyebutkan kemajuan dalam pembayaran, energi dan perdagangan antarnegara dalam artikel opini yang diterbitkan di surat kabar Partai Komunis Vietnam, Nhan Dan.

Meskipun Korea Utara dan Rusia menghadapi isolasi internasional, Vietnam telah membangun aliansi yang hati-hati dengan AS dan Uni Eropa.

AS, yang meningkatkan hubungan diplomatik dengan Hanoi tahun lalu dan merupakan pasar ekspor utama Vietnam, menentang kunjungan Putin.

“Tidak ada negara yang boleh memberikan platform kepada Putin untuk mempromosikan perang agresinya dan membiarkan dia menormalkan kekejamannya,” kata Kedutaan Besar AS di Hanoi melalui juru bicaranya, seperti dikutip The Guardian, Kamis (20/6/2024).

Kehadiran presiden Rusia di Vietnam merupakan tindak lanjut dari kunjungan penting ke Pyongyang, di mana dia dan penguasa Korea Utara, Kim Jong-un, menandatangani pakta pertahanan bersama.

Perjanjian tersebut mencakup klausul yang mengharuskan negara-negara tersebut untuk saling membantu jika salah satu negara diserang, sehingga meningkatkan kekhawatiran negara-negara Barat mengenai potensi bantuan Rusia untuk program rudal atau nuklir Korea Utara.

Presiden AS Joe Biden mengunjungi Hanoi pada bulan September untuk mempromosikan hubungan baik ketika pemerintahannya berupaya menjadikan Vietnam sebagai pemasok alternatif komponen-komponen teknologi tinggi utama untuk mengurangi ketergantungan Amerika pada China.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)