Ukraina Merampas Rudal Patriot AS yang Dijanjikan untuk Swiss

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:40 WIB
loading...
A A A
AS tahun lalu memberi wewenang kepada Swiss untuk membeli hingga 72 rudal pencegat MSE PAC-3 canggih dengan harga total USD700 juta. Pengiriman diperkirakan terjadi pada akhir tahun 2020-an atau awal tahun 2030-an, menurut sumber kepada media Swiss.

Washington, lanjut laporan media Swiss, mengklaim adanya "force majeure (keadaan kahar)", yang memungkinkan perubahan perjanjian karena keadaan serius yang tidak terduga.

Krisis Ukraina merupakan masalah keamanan nasional bagi Amerika, demikian laporan yang disampaikan kepada para pejabat Swiss.

“Ini seperti saat pandemi Covid-19: ketika ada masalah, masing-masing negara mengurus dirinya sendiri,” kata anggota Parlemen Swiss Thomas Hurter kepada Blick tentang situasi tersebut.

“Keputusan AS menunjukkan betapa cepatnya keandalan dapat berubah.”

Dia mendesak pemerintah untuk meninjau kembali rencananya untuk menghentikan penggunaan armada jet tempur yang ada saat ini, yang akan digantikan dengan jet tempur siluman F-35 buatan Lockheed Martin.

Swiss memesan 36 unit pesawat tersebut pada tahun lalu dengan nilai lebih dari USD6,8 miliar untuk dipasok antara tahun 2027 hingga 2030, sehingga Angkatan Udaranya dapat mempensiunkan F-5 Tiger dan F/A-18 Hornet yang sudah tua.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)