Beijing Izinkan Warganya Tak Pakai Masker Saat Kasus Covid-19 Rendah

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 16:01 WIB
loading...
Beijing Izinkan Warganya Tak Pakai Masker Saat Kasus Covid-19 Rendah
Sejumlah warga berolah raga di taman di Beijing, China, 21 Agutus 2020. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Otoritas kesehatan di Beijing telah mencabut kewajiban pada warganya untuk memakai masker di luar ruangan. Pelonggaran ini setelah Beijing tak melaporkan kasus baru dalam 13 hari berturut-turut.

Meski aturan sudah dilonggarkan, sebagian besar orang masih terus memakai masker di Beijing pada Jumat (21/8). Beberapa orang menyatakan masker membuat mereka merasa aman.

“Saya pikir saya dapat melepas masker saya kapan pun, tapi saya perlu melihat jika orang lain menerimanya. Karena saya khawatir orang akan takut jika mereka melihat saya tidak memakai masker,” kata Cao, wanita Beijing berumur 24 tahun.

Ini kedua kalinya otoritas kesehatan Beijing melonggarkan aturan untuk memakai masker di ibu kota China.

Pusat Kontrol Penyakit Beijing menyatakan warga dapat pergi keluar rumah tanpa masker pada akhir April, namun aturan itu kemudian ditarik lagi pada Juni setelah wabah baru muncul di pasar grosir di wilayah selatan Beijing.

China melaporkan tak ada kasus baru yang disebarkan secara lokal di negara itu selama lima hari setelah berhasil mengontrol munculnya wabah baru di Beijing, Xinjiang dan tempat lainnya. (Baca Juga: Turki Temukan Gas di Laut Hitam dalam Jumlah Sangat Besar)

Para pakar menyatakan kunci kesuksesan China mengontrol penyakit itu adalah penegakan aturan secara ketat secara lokal, termasuk memakai masker, karantina rumah dan partisipasi dalam tes massal. (Baca Infografis: Amunisi Anyar China; Meratakan Area Luas dengan sekali Tembakan)

Otoritas melaporkan 22 kasus impor di China daratan pada 20 Agustus dan menutup perbatasannya pada sebagian besar warga non-China. China melaporkan total 84.917 kasus sejak wabah itu muncul. (Lihat Video: Republik Kopi di Pegunungan Ijen)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)