Jumlah Pasukan AS di Yordania Melonjak ke Rekor Tertinggi Seiring Genosida Israel di Gaza

Rabu, 19 Juni 2024 - 06:49 WIB
loading...
Jumlah Pasukan AS di Yordania Melonjak ke Rekor Tertinggi Seiring Genosida Israel di Gaza
Kendaraan militer dengan bendera Yordania dan AS melaju sebagai bagian dari latihan militer Eager Lion, di Zarqa, Yordania, 14 September 2022. Foto/REUTERS/Alaa Al Sukhni
A A A
WASHINGTON - Jumlah pasukan Amerika Serikat (AS) yang ditempatkan di Yordania melonjak ke rekor tertinggi dalam dua dekade di tengah perang Israel di Gaza, menurut laporan Kongres terbaru.

Presiden AS Joe Biden memberi tahu Kongres pada 7 Juni bahwa AS telah mengerahkan 3.813 pasukan ke Kerajaan Hashemite Yordania, peningkatan jumlah pasukan hampir 20% dari Desember.

Jumlah pasukan lebih tinggi daripada kapan pun sejak invasi AS ke Irak tahun 2003, menurut jumlah pasukan AS yang dilaporkan saat itu.

Lonjakan jumlah pasukan bertepatan dengan genosida oleh Israel di Gaza, yang telah membuat Kerajaan Yordania yang relatif stabil menjadi pusat ketegangan yang meningkat antara AS dan Iran.

Pada bulan Januari, serangan pesawat tak berawak oleh pejuang Irak di pos militer AS terpencil di Yordania menewaskan tiga tentara AS dan melukai 40 orang lainnya.

Serangan itu mengguncang para pembuat kebijakan AS yang telah lama menganggap Yordania sebagai tempat berlindung yang aman bagi tentara dan diplomat Amerika, menurut laporan MEE.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan pada saat itu bahwa Timur Tengah berada di tempat yang paling "berbahaya" sejak setidaknya tahun 1973, merujuk pada perang Arab-Israel ketika AS menerapkan Defcon tiga, tingkat siaga tertinggi selama masa damai.

Menanggapi serangan di Tower 22, AS melancarkan serangan di 85 lokasi di seluruh Irak dan Suriah yang katanya digunakan "proksi Iran" dan Korps Garda Revolusi Iran.

Ketegangan antara Iran dan AS baru saja mereda, ketika Israel meningkatkan kampanye serangannya sendiri terhadap aset-aset Iran.

Pada April, Israel mengebom konsulat Iran di Damaskus, menewaskan beberapa komandan tinggi di Korps Garda Revolusi Iran, termasuk Jenderal Mohammad Reza Zahedi, kepala operasi IRGC di Suriah dan Lebanon.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)
pixels