3 Riwayat Perang Hizbullah: Tak Hanya Israel, Ternyata Pernah Lawan ISIS dan Serbia

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:45 WIB
loading...
A A A
Pada jalannya perang, Hizbullah yang awalnya hanya melawan pemberontak terpaksa bertempur juga dengan kelompok ISIS yang ikut campur.

Meski dikatakan telah menarik diri sepenuhnya, sebagian pengamat masih yakin bahwa Hizbullah meninggalkan sedikit bagiannya di Suriah.

2. Intervensi di Perang Bosnia


Perang Bosnia melibatkan etnis Bosnia dan Serbia pada 1992-1995. Latar belakang konflik ini tercipta sebagai dampak runtuhnya Yugoslavia pada 1991.

Pada Perang Bosnia, kelompok Hizbullah ternyata pernah ikut mengirim pasukannya. Keterlibatan ini tak bisa dilepaskan dari Iran yang memang waktu itu menjadi sekutu Bosnia.

Mengutip TheNewArab, Iran menjadi pendukung warga Bosnia yang waktu itu mayoritas Muslim Sunni. Antara 1994-1995, Teheran disebutkan mengangkut lebih dari 5.000 ton peralatan militer ke Bosnia.

Tak hanya itu, Iran juga memerintahkan pejabat Garda Revolusi Iran dan kelompok paramiliter Syiah Hizbullah untuk memberi dukungan. Mereka pun menerjunkan bantuan berupa logistik hingga pasukan.

3. Perang dengan Israel


Hizbullah dibentuk pada 1980-an sebagai tanggapan atas invasi Israel ke Lebanon Selatan. Meski sudah terlampau jauh, kelompok ini masih terus menjadikan Tel Aviv sebagai musuh utamanya hingga sekarang.

Pada kemunculannya, Hizbullah mendapat pengaruh besar dari Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC). Maka dari itu, tak heran apabila kelompok ini mengadopsi ideologi Islam Syiah khas Iran.

Melihat ke belakang, Israel dan Hizbullah sudah sering bertempur. Salah satu yang terbesar terjadi pada 2006 ketika Perang Lebanon II berkecamuk,

Awal mula konflik dipicu penyergapan kendaraan militer Israel oleh Hizbullah yang sedang berpatroli di perbatasan dekat Lebanon. Israel membalasnya dengan serangan skala penuh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)
pixels