PM Israel Netanyahu Bubarkan Kabinet Perang

Senin, 17 Juni 2024 - 17:40 WIB
loading...
PM Israel Netanyahu Bubarkan Kabinet Perang
PM Israel Benyamin Netanyahu membubarkan kabinet perang. Foto/AP
A A A
GAZA - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu telah mengumumkan berakhirnya kabinet perang Israel yang beranggotakan enam orang.

Laporan pada Senin (17/6/2024) mengatakan pemimpin Israel telah mengumumkan keputusan tersebut pada pertemuan kabinet keamanan politik malam sebelumnya. Mitra koalisi sayap kanan Netanyahu telah mendorong pembentukan kabinet perang baru setelah Benny Gantz yang lebih berhaluan tengah mengundurkan diri dari pemerintahan darurat.

Menteri Keuangan yang berhaluan nasionalis-religius Bezalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir, yang menuntut Israel harus terus membombardir Gaza meskipun ada seruan untuk menahan diri dari sekutu termasuk Amerika Serikat, telah menyerukan agar kabinet perang baru dibentuk yang menampilkan koalisi. pemimpin partai.

Namun, Netanyahu dilaporkan menolaknya.

“Kabinet berada dalam perjanjian koalisi dengan Gantz, atas permintaannya. Begitu Gantz pergi – tidak diperlukan lagi kabinet,” kata Netanyahu, menurut sebuah laporan di The Jerusalem Post.

Perdana Menteri Israel kini diperkirakan akan mengadakan konsultasi mengenai perang Gaza dengan sekelompok kecil menteri, termasuk Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Menteri Urusan Strategis Ron Dermer, yang pernah berada di kabinet perang.


Kontrol Tunggal Jadi Pemicunya

Pengunduran diri Gantz dari pemerintah menarik satu-satunya kekuatan sentris dalam koalisi sayap kanan pemimpin yang diperangi tersebut, di tengah serangan selama berbulan-bulan di Gaza.

Mengklaim bahwa pemerintah Netanyahu gagal menyampaikan rencana pascaperang untuk wilayah Palestina yang terkepung dan dibombardir merupakan hambatan bagi “kemenangan sejati”, Gantz menyerukan pemilihan umum, dan perdana menteri menghadapi tekanan berat di tengah seruan untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas. untuk menjamin pembebasan tawanan yang ditahan di Gaza.

Desakan untuk Memperkuat Kabinet Perang

Menurut media Israel, Ben-Gvir mengajukan permohonan melalui surat kepada Netanyahu Kamis lalu untuk memperluas kabinet perang.

Surat tersebut dilaporkan mengatakan bahwa perang Israel selama delapan bulan terakhir telah “dilakukan secara rahasia”, melalui “forum terbatas yang mengubah nama dan definisinya secara berulang-ulang, semua untuk tujuan kontrol tunggal atas keputusan dan menghindari diskusi mengenai posisi lain yang tidak mendukung hal tersebut menantang konsepsi lama”.

Pertaruhan Mitra Internasional


Kabinet perang baru dengan pengaruh besar yang dinikmati oleh Smotrich dan Ben-Gvir akan semakin menguji hubungan dengan mitra internasional, pertama dan terutama Amerika Serikat, yang telah menyerukan militer Israel untuk menahan diri dari invasi darat penuh ke kota selatan Rafah dan Israel. untuk peningkatan pengiriman bantuan.

Pada saat yang sama, Washington terus memasok senjata ke Israel dan hanya ada sedikit petunjuk bahwa Netanyahu siap untuk mundur dari serangan gencar di Gaza.

Pada hari Minggu, Netanyahu mengatakan “untuk mencapai tujuan menghilangkan kemampuan Hamas, [dia] membuat keputusan yang tidak selalu dapat diterima oleh eselon militer” selama pertemuan kabinet mingguan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)
pixels