11 Negara Ini Suka Makan Daging Buaya, Dianggap Lezat dan Berkhasiat

Jum'at, 14 Juni 2024 - 00:01 WIB
loading...
11 Negara Ini Suka Makan Daging Buaya, Dianggap Lezat dan Berkhasiat
Warga menggunakan tangannya untuk mengukur seekor buaya air asin sepanjang 6,4 meter yang diduga menyerang beberapa orang di Filipina selatan. Foto/REUTERS/Stringer
A A A
CANBERRA - Seekor buaya akhirnya ditangkap dan dimakan warga beramai-ramai setelah binatang liar itu memakan anjing peliharaan dan mengganggu anak-anak.

Kejadian itu berlangsung di Australia. Selain Australia, sejumlah negara ternyata suka menyantap daging buaya.

Daging buaya dikonsumsi di banyak belahan dunia, namun ada beberapa negara yang terkenal rutin memakan buaya.

Konsumsi daging buaya sudah menjadi tradisi dan budaya di beberapa daerah, sementara di daerah lain hal ini merupakan praktik yang relatif baru.

Lantas negara mana saja yang suka memakan daging buaya? Berikut ini daftarnya.

Warga Negara yang Terkenal Suka Memakan Buaya

1. Australia


Australia adalah salah satu negara terkemuka yang terkenal memakan daging buaya. Konsumsi buaya memiliki sejarah panjang di sini, karena penduduk asli Australia telah berburu buaya selama ribuan tahun.

Daging merupakan sumber protein penting bagi beberapa kelompok Aborigin. Ketika peternakan buaya komersial dimulai di Australia pada tahun 1980-an, semakin banyak daging buaya yang tersedia.

Sekarang daging buaya dianggap sebagai makanan lezat dan disajikan di restoran kelas atas di seluruh negeri. Daging ekor buaya merupakan potongan daging yang paling populer karena dianggap paling nikmat.

2. Amerika Serikat


Amerika Serikat juga merupakan konsumen utama daging buaya. Restoran-restoran Amerika menyajikan buaya sebagai daging eksotik, dan dapat ditemukan pada menu di kota-kota seperti Miami, New Orleans, dan New York.

Kebanyakan daging buaya diimpor dalam keadaan beku dari Australia, Papua Nugini, Zimbabwe, atau Afrika Selatan.
Florida juga memiliki sejumlah kecil peternakan buaya, yang memproduksi daging dan mengekspor kulit. Minat terhadap daging buaya meningkat di AS pada tahun 1990-an seiring dengan peningkatan daging alternatif lainnya.

3. Zimbabwe


Di Zimbabwe, daging buaya telah dimakan secara turun-temurun. Ini adalah sumber protein yang umum, dan ekor buaya dianggap sebagai makanan lezat yang berharga.

Zimbabwe memiliki industri peternakan buaya komersial yang signifikan, dengan dagingnya dijual secara lokal dan diekspor.

Berburu buaya liar juga diperbolehkan secara terbatas. Para ahli memperkirakan masyarakat Zimbabwe memakan sekitar 2.500 ton daging buaya per tahun.

4. Papua Nugini


Buaya telah lama menjadi bagian dari masakan di Papua Nugini. Masyarakat pesisir bergantung pada telur dan daging buaya untuk melengkapi makanan mereka.

Perburuan penduduk asli ini terus berlanjut hingga saat ini, meskipun peternakan buaya komersial juga telah bermunculan.

Ibu kotanya, Port Moresby, adalah rumah bagi satu restoran bernama Keketu yang berspesialisasi dalam hidangan buaya. Hidangan khas mereka adalah “pesta buaya”, yang menyajikan iga buaya, tenderloin, dan kari.

5. Afrika Selatan


Di Afrika Selatan, daging buaya dapat ditemukan pada menu di restoran dan dijual di toko makanan khusus. Sebagian besar berasal dari peternakan buaya komersial besar.

Daging buaya dipandang sebagai pilihan daging yang sehat, dengan profil rasa antara ikan dan ayam. Ia juga dikeringkan atau diawetkan untuk membuat biltong, sejenis daging kering yang diawetkan.

Bahkan dengan adanya peternakan komersial, perburuan liar terhadap buaya liar untuk diambil dagingnya masih terjadi di beberapa daerah.

6. Meksiko


Sebagian wilayah Meksiko, khususnya wilayah tenggara seperti Semenanjung Yucatan, memiliki tradisi memakan telur dan daging buaya yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Masyarakat Maya dan Aztec kuno mengandalkan buaya sebagai sumber makanan. Saat ini, daging buaya yang dipelihara di peternakan dijual di pasar dan restoran di seluruh Meksiko.

Daging buaya dipandang sebagai kelezatan yang eksotis dan diyakini memiliki khasiat obat. Omelet telur buaya juga masih disantap di beberapa daerah.

7. China


China adalah salah satu produsen daging buaya terbesar, terutama dari peternakan buaya yang besar. Dagingnya dianggap baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan penyakit pernafasan dalam pengobatan China.

Guangzhou dan Shenzhen di China selatan adalah dua kota di mana daging buaya populer, sering kali digoreng atau direbus dan dianggap memiliki rasa seperti kepiting. Namun, konsumen muda China cenderung tidak mengonsumsinya.

8. Kuba


Buaya secara historis dimakan oleh penduduk asli Taino di Kuba, dan tetap menjadi bagian dari masakan hingga saat ini.

Kuba memiliki peternakan buaya yang memasok daging ke hotel dan restoran yang melayani wisatawan. Daging buaya juga dijual ke pasar dalam negeri sebagai makanan kesehatan yang eksotik.

Buaya di Kuba dulunya diburu secara berlebihan, namun kini dikelola sebagai sumber makanan berkelanjutan di samping peternakan komersial.

9. Thailand


Di Thailand, daging buaya memang tidak sepopuler sumber protein hewani lainnya. Namun, beberapa restoran di Bangkok menyajikan hidangan seperti kari buaya atau buaya goreng.

Peternakan Buaya Singha di Chonburi menampung lebih dari 60.000 buaya yang dibiakkan untuk diambil daging dan kulitnya.

Thailand memang memiliki industri kulit buaya yang signifikan yang menggunakan kulit buaya hasil budidaya dan liar.

10. Vietnam


Di restoran Vietnam di kota besar seperti Hanoi atau Ho Chi Minh City, buaya terkadang muncul di menu.

Vietnam memiliki sektor peternakan buaya skala kecil, dan beberapa buaya liar masih diburu untuk diambil dagingnya. Namun, jenis daging lain lebih umum.

Daging buaya umumnya dianggap sebagai barang baru atau kelezatan wisata daripada makanan pokok.

11. Filipina


Daging buaya tersedia di peternakan khusus di Filipina, namun tidak banyak dikonsumsi oleh masyarakat umum.

Rasa daging buaya belum begitu populer seperti di wilayah tetangga di Asia Tenggara. Namun, di beberapa daerah pedesaan, buaya hasil buruan dimakan sebagai sumber daging gratis.

Para pegiat konservasi bekerja untuk melindungi habitat buaya dan mencegah perburuan untuk menghindari kelangkaan.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)
pixels