Mahmoud Ahmadinejad Tak Lolos Seleksi Capres Iran, Adakah Konspirasi Penjegalannya?

Minggu, 09 Juni 2024 - 19:35 WIB
loading...
A A A
Khamenei menyampaikan pidatonya pekan lalu menyinggung kualitas yang disoroti oleh para pendukung Qalibaf sebagai sinyal yang berpotensi menandakan dukungan pemimpin tertinggi terhadap pemimpin tertinggi tersebut.

Namun peran Qalibaf dalam tindakan keras ini mungkin dipandang berbeda setelah bertahun-tahun kerusuhan yang melanda Iran, baik karena perekonomian negara tersebut yang melemah maupun protes massal yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini pada tahun 2022, seorang wanita muda yang meninggal setelah ditangkap karena diduga tidak mengenakan jilbab. , atau hijab, sesuai keinginan aparat keamanan.

Ahamadinejad Pernah Melawan Khamenei

Mahmoud Ahmadinejad Tak Lolos Seleksi Capres Iran, Adakah Konspirasi Penjegalannya?

Foto/AP

Dewan Penjaga mendiskualifikasi Ahmadinejad, mantan presiden yang mempertanyakan Holocaust. Ahmadinejad semakin menantang Khamenei menjelang akhir masa jabatannya dan dikenang karena tindakan kerasnya yang berdarah terhadap protes Gerakan Hijau tahun 2009. Dia juga didiskualifikasi pada pemilihan terakhir oleh panel.

Pemilu ini diadakan pada saat ketegangan meningkat perselisihan antara Iran dan Barat mengenai mempersenjatai Rusia dalam perang negara itu melawan Ukraina. Dukungannya terhadap pasukan proksi milisi di seluruh Timur Tengah semakin menjadi sorotan ketika pemberontak Houthi Yaman menyerang kapal-kapal di Laut Merah akibat perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dan lainnya tewas dalam kecelakaan helikopter pada 19 Mei di barat laut Iran. Investigasi terus dilakukan, meski pihak berwenang mengatakan belum ada tanda-tanda adanya pelanggaran dalam kecelakaan di lereng gunung yang tertutup awan itu.

Raisi adalah presiden Iran kedua yang meninggal saat menjabat. Pada tahun 1981, ledakan bom menewaskan Presiden Mohammad Ali Rajai di hari-hari kacau setelah Revolusi Islam di negara tersebut.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)