Filipina Geram Ratusan Kapal China Muncul di LCS

Kamis, 04 April 2019 - 14:33 WIB
Filipina Geram Ratusan Kapal China Muncul di LCS
Filipina Geram Ratusan Kapal China Muncul di LCS
A A A
MANILA - Kehadiran ratusan kapal China di dekat sebuah pulau yang dikuasai Manila di Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan ilegal dan jelas merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Filipina. Hal itu dikatakan oleh Kementerian Luar Negeri Filipina.

"Tindakan seperti itu ketika tidak ditolak oleh pemerintah China dianggap telah diadopsi olehnya," kata Departemen Luar Negeri Filipina dalam sebuah pernyataan, beberapa hari setelah mengajukan protes diplomatik atas kemunculan kapal-kapal tersebut.

"Kehadiran kapal di sekitar pulau Thitu untuk periode yang berkelanjutan dan berulang menimbulkan pertanyaan tentang maksud dan kekhawatiran mereka tentang peran mereka dalam mendukung tujuan pemaksaan," tambah pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Kamis (4/4/2019).

Data militer menunjukkan Filipina telah memantau lebih dari 200 kapal Tiongkok di dekat Thitu, atau penduduk lokal menyebutnya sebagai pulau Pagasa, dari Januari hingga Maret tahun ini.

Selain Filipina, Brunei, China, Malaysia, Taiwan dan Vietnam memiliki klaim kedaulatan atas jalur air yang sibuk, saluran untuk perdagangan nilai lebih dari USD3,4 triliun setiap tahun.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4277 seconds (0.1#10.140)