New York Diserbu Laba-laba Joro Raksasa yang Berbisa, Ini 6 Faktanya

Sabtu, 08 Juni 2024 - 22:22 WIB
loading...
New York Diserbu Laba-laba...
Laba-laba Joro menyerbu New York. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Tamu tak diundang mungkin akan segera menyerbu wilayah Kota New York di Amerika Serikat . Tapi, seberapa cepat pertanyaannya.

Laba-laba Joro, yang pertama kali muncul di negara bagian selatan Georgia satu dekade lalu, perlahan-lahan bermigrasi ke utara. Dan para ilmuwan mengatakan virus ini bisa berpindah ke wilayah Great Lakes, Amerika Serikat bagian timur laut, dan bahkan Kanada dalam beberapa bulan atau tahun mendatang.

Namun para ahli laba-laba mengatakan kita tidak perlu terlalu khawatir terhadap mereka.

“Perasaan saya adalah orang-orang menyukai hal yang aneh, fantastis, dan berpotensi berbahaya,” kata David Nelsen, seorang profesor biologi di Southern Adventist University yang telah mempelajari pertumbuhan laba-laba Joro, dilansir AP. “Ini adalah salah satu hal yang bisa memicu histeria publik.”

Para ilmuwan justru khawatir akan meningkatnya prevalensi spesies invasif yang dapat merusak tanaman dan pepohonan – masalah yang diperburuk oleh perdagangan global dan perubahan iklim, yang membuat kondisi lingkungan setempat menjadi lebih nyaman bagi hama yang sebelumnya tidak dapat bertahan hidup di musim dingin yang sangat dingin.

“Saya pikir ini adalah salah satu spesies ‘kenari di tambang batu bara’ yang mencolok dan mendapat banyak perhatian,” kata Hannah Burrack, profesor dan ketua departemen entomologi di Michigan State University. Namun makhluk pemalu ini hanya menimbulkan sedikit risiko bagi manusia. Sebaliknya, kata Burrack, hama yang datang seperti lalat buah dan penggerek pohon justru dapat menimbulkan lebih banyak kerusakan.

“Ini merupakan kekhawatiran global, karena hal ini membuat semua hal yang kita lakukan dalam hal konservasi, produksi pertanian, dan kesehatan manusia menjadi lebih sulit untuk dikelola,” katanya.

Tapi apa sebenarnya laba-laba Joro itu? Apa ini berbahaya? Dan mengapa penyakit ini menyebar ke seluruh Amerika?

New York Diserbu Laba-laba Joro Raksasa yang Berbisa, Ini 6 Faktanya

1. Disebut Laba-laba Penenun Bola Sutra Emas

New York Diserbu Laba-laba Joro Raksasa yang Berbisa, Ini 6 Faktanya

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, laba-laba Joro, yang secara ilmiah bernama Trichonephila clavata, berasal dari Asia Timur dan dikenal karena kemampuannya menenun jaring dan penampilannya yang khas. Laba-laba Joro sering disamakan dengan laba-laba penenun bola sutra emas (Nephila clavipes) karena kemiripannya.

Laba-laba Joro betina dapat memiliki rentang 8cm hingga 20cm dengan kaki terentang – lebih besar dari tangan manusia. Laba-laba Joro betina biasanya memiliki tubuh berwarna kuning, sedangkan laba-laba jantan, yang lebih kecil, berwarna kuning pucat, hitam, atau coklat.

2. Bisa Terbang karena Memanfaatkan Angin

New York Diserbu Laba-laba Joro Raksasa yang Berbisa, Ini 6 Faktanya

Foto/AP
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)