Venezuela Cabut Hak Imunitas Pemimpin Oposisi Juan Guaido

Rabu, 03 April 2019 - 11:27 WIB
Venezuela Cabut Hak Imunitas Pemimpin Oposisi Juan Guaido
Venezuela Cabut Hak Imunitas Pemimpin Oposisi Juan Guaido
A A A
PUERTO ORDAZ - Majelis Konstituante mencabut hak imunitas pemimpin oposisi Juan Guaido, membuka jalan bagi kemungkinan penangkapannya. Majelis Konstituante, badan pembuat undang-undang, dibentuk oleh Presiden Nicolas Maduro untuk menandingi Majelis Nasional yang dipimpin Juan Guaido.

Langkah yang dilakukan Majelis Konstituante merupakan upaya terbaru pemerintah untuk meningkatkan tekanan terhadap Guaido, yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pada Januari lalu.

Dalam beberapa minggu terakhir, pemerintah telah melarang Guaido bepergian, membekukan rekening banknya, mulai menyelidiki dia dengan tuduhan terorisme, dan melarang dia mencalonkan diri untuk jabatan publik.

Namun sejauh ini pemerintah Venezuela tidak menahan Guaido. Amerika Serikat (AS) telah berulang kali mengatakan bahwa serangan apa pun terhadap Guaido akan menimbulkan reaksi hebat.

Guaido telah menentang larangan bepergian pemerintah dengan melakukan tur ke negara-negara Amerika Selatan. Pihak oposisi sendiri tidak mengakui Majelis Konstituante.

"Rezim percaya bahwa dengan menyerang saya, mereka akan menghentikan kita," kata Guaido kepada para pendukung di luar rumahnya pada Selasa malam.

"Tidak ada jalan kembali dalam proses ini," imbuhnya seperti dikutip dari New York Times, Rabu (3/4/2019).

Pertempuran politik Venezuela yang semakin intensif sedang berlangsung di tengah krisis listrik yang telah menyebabkan pemadaman hampir setiap hari di sebagian besar kota-kota besar sejak awal Maret. Pemadaman listrik di beberapa bagian Ibu Kota, Caracas, beberapa menit setelah voting Majelis Konstituante terkait hak imunitas Guaido.

Pada hari Selasa pemerintah mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan penjatahan listrik nasional di jam-jam sibuk sampai pemberitahuan lebih lanjut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4326 seconds (0.1#10.140)