Deretan Penghargaan Claudia Sheinbaum, Presiden Terpilih Meksiko Keturunan Yahudi

Jum'at, 07 Juni 2024 - 13:50 WIB
loading...
Deretan Penghargaan Claudia Sheinbaum, Presiden Terpilih Meksiko Keturunan Yahudi
Claudia Sheinbaum Pardo, presiden terpilih Meksiko keturunan Yahudi. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Claudia Sheinbaum Pardo menjadi presiden terpilih Meksiko setelah meraih kemenangan dalam pemilu pada hari Minggu lalu.

Mantan wali kota Mexico City berusia 61 tahun ini juga akan tercatat sebagai pemimpin perempuan pertama Meksiko dalam lebih dari 200 tahun kemerdekaan negara tersebut.

Politisi perempuan dari keluarga Yahudi Ashkenazi ini lahir pada 24 Juni 1962. Seperti orangtuanya, Sheinbaum juga dikenal sebagai ilmuwan.

Sheinbaum dikenal atas kontribusinya dalam penelitian perubahan iklim dan energi berkelanjutan. Dia pernah menjadi anggota Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2007.



Dia memulai karier politiknya di Partai Revolusi Demokratik (PRD) sebelum bergabung dengan Partai Morena. Dia menjabat sebagai Wali Kota Mexico City dari 2018 hingga 2023, di mana dia berfokus pada inisiatif lingkungan dan sosial.

Di bawah kepemimpinannya, kota tersebut mengalami peningkatan dalam transportasi umum berkelanjutan dan pengurangan emisi karbon.

Sheinbaum terpilih sebagai presiden, meneruskan agenda progresif pendahulunya; Andres Manuel Lopez Obrador, dengan fokus pada pengurangan ketimpangan, pemberantasan korupsi, dan keberlanjutan lingkungan.

Deretan Penghargaan Penting yang Diraih Claudia Sheinbaum Pardo

1. Nobel Perdamaian (2007)


Claudia Sheinbaum Pardo merupakan bagian dari tim IPCC yang dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 2007.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)
pixels