Warga Turki Mengingat Kunjungan Presiden Soekarno: Seperti Sebuah Perayaan

Kamis, 20 Agustus 2020 - 16:28 WIB
loading...
Warga Turki Mengingat Kunjungan Presiden Soekarno: Seperti Sebuah Perayaan
Presiden Soekarno di Kawasan Ulus, Ankara, setelah Keluar dari Gedung Parlemen Turki. Foto/Cumhuriyet
A A A
ANKARA - Kunjungan Presiden Indonesia pertama, Soekarno ke Ankara ternyata cukup membekas untuk warga Turki . Soekarno menyambangi Ankara pada 24 April 1959, di mana dia disambut Perdana Menteri Turki kala itu, Adnan Menderes.

Omer Faruk Kose, seorang warga Ankara menuturkan, saat Soekarno mengunjungi Ankara dirinya masih remaja dan kedatangan pemimpin Indonesia itu membuka mata dia dan banyak warga Turki lainnya mengenai Indonesia. Kala itu, ucap Kose, kedatangan Soekarno disambut sangat meriah, seperti sebuah perayaan.

"Bagi saya yang saat itu berusia 13 tahun, itu seperti perayaan liburan. Saya memiliki ingatan seperti itu dari masa kecil saya," kata Kose, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (20/8/2020). ( Baca Juga: Lihat grafis: Turki-Yunani Kembali Memanas, Kekuatan Militer Siapa Diunggulkan?
Ia mengatakan saat itu, Menderes sedang berusaha membangun hubungan baik dengan dunia Muslim. “Menderes mencoba mengubah arah ke geografi Islam. Dia juga mengundang para pemimpin Islam ke Turki, ”tambahnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)