Dewan HAM PBB Kecam Pendudukan Israel, Hamas Semringah

Minggu, 24 Maret 2019 - 18:02 WIB
Dewan HAM PBB Kecam Pendudukan Israel, Hamas Semringah
Dewan HAM PBB Kecam Pendudukan Israel, Hamas Semringah
A A A
GAZA - Hamas menyambut baik resolusi Dewan HAM PBB yang mengecam pendudukan Israel. Selain mengecam pendudukan Israel, Dewan HAM PBB juga mengeluarkan rancangan resolusi untuk memperkuat kehadiran PBB di wilayah Palestina yang diduduki Israel.

"Hamas menyambut baik resolusi Dewan HAM PBB yang mengutuk pendudukan Israel atas kejahatannya terhadap para demonstran yang damai di "Great Return March" di timur Gaza," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

"Kami menganggap resolusi ini sebagai langkah di jalur yang benar menuju mendukung hak-hak Palestina dan mengkriminalisasi pendudukan Israel di forum internasional," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (24/3).

Hamas juga menyatakan bahwa langkah Dewan HAM PBB membutuhkan langkah-langkah efektif dan praktis di lapangan untuk pertanggung jawaban Israel atas kejahatan dan pelanggarannya dan untuk memobilisasi lebih banyak dukungan bagi rakyat Palestina dan tujuan mereka yang adil.

Seperti diketahui, pada hari Jumat lalu Dewan HAM PBB menyatakan mengutuk semua pelanggaran HAM dan hukum humaniter internasional dan menyatakan keprihatinan atas kerusakan yang meluas, kematian dan penderitaan manusia di Palestina, termasuk Yerusalem Timur.

Dewan HAM juga mengecam penggunaan kekuatan berlebihan oleh Israel terhadap warga sipil termasuk anak-anak, wartawan dan petugas kesehatan di wilayah pendudukan, khsusnya Gaza.

Badan PBB yang berbasis di Jenewa, Swiss itu mencatat bahwa pihaknya sangat prihatin dengan temuan-temuan komisi penyelidikan internasional independen, yang memperingatkan kemungkinan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan oleh pasukan Israel selama protes damai "Great March of Return".
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4856 seconds (0.1#10.140)