alexametrics

Rusia Uji Coba Kapal Selam Nuklir Siluman Baru

loading...
Rusia Uji Coba Kapal Selam Nuklir Siluman Baru
Rusia merilis uji coba kapal selam nuklir siluman kelas Borei baru. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia merilis rekaman uji coba kapal selam nuklir kelas Borey baru. Penambahan baru untuk keluarga Proyek "siluman" 955 itu diharapkan akan bergabung dengan Angkatan Laut Rusia akhir tahun ini.

Dikutip dari RT, Kamis (21/3/2019), video yang memperlihatkan kapal selam nuklir bersenjata ultra silent misil kelas Borey generasi keempat itu dirilis bertepatan dengan Hari Kapal Selam di Rusia.

SSBN (Submarine Submersible Ballistic Nuclear) kelas Borey generasi keempat itu diharapkan menjadi komponen kunci dari pasukan nuklir strategis Rusia dalam beberapa dekade mendatang.



Semua kapal selam kelas Borey nantinya akan dipersenjatai dengan 16 rudal balistik antar benua Bulava berbahan bakar padat 8.000 km dengan hulu ledak bermanuver.

Proyek 955 SSBN juga memiliki karakteristik siluman yang lebih unggul dari kapal selam nuklir Rusia mana pun yang saat ini ada.

Kementerian Pertahanan Rusia awalnya merencanakan untuk membangun delapan kapal selam kelas Borey, tetapi jumlah itu dapat meningkat menjadi sepuluh pada tahun 2027, menurut laporan media.

Dua kapal selam kelas Borey pertama, Proyek utama 955 SSBN Yury Dolgoruky dan serial pertama SSBN Aleksandr Nevsky, telah bergabung dengan Angkatan Laut Rusia pada 2013. Sedangkan SSBN generasi ketiga, Vladimir Monomakh, mulai beroperasi pada Desember 2014.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak